Wisata Jogja : Museum Benteng Vredeburg

Halo Sobat Paket Tour Jogja! Sebuah museum yang menjadi wahana edukasi atau wisata sejarah. Museum yang seharusnya bisa ditilik generasi muda untuk napak tilas masa lalu dengan langkah mudah. Akan tetapi, museum-museum di Indonesia masih belum begitu nyaman untuk disinggahi. Hal yang tidak lain disebablan dari pengelolaan dan promosi museum. Amat berbeda dengan luar negeri yang mana banyak sekali museum dengan pengelolaan yang teramat baik hingga tiket masuknya mahal.

Namun, hadirnya Yogyakarta berbeda. Jogja tentu punya banyak ‘stok’ musuem. Sebut saja Museum Sonobudoyo, Museum Ullen Sentalu yang disebut sebagai museum terbaik di Indonesia. Hingga pada museum Benteng Vredeburg yang berlokasi di ujung Malioboro. Sebagai bangunan lama, banyak museum yang justru mempertahankan bentuk jadul namun minim kreativitas agar nampak lebih modern.

Musuem Benteng Vredeburg, berlokasi di Km 0 amat sering dijadikan kunjungan wisatawan dalam satu kali trip di Malioboro

Untuk siapapun yang pernah singgah ke Jogja, tentu musuem yang berada di sealtan Malioboro ini sudah tidak asing lagi bukan? Musuem Benteng Vredeburg ini seringkali menjadi singgahan wisatawan manakala berlibur di Yogyakarta khususnya Malioboro.

Museum ini sudah dibangun pada abad ke-18 dengan menampilkan sejarah dari perjuangan kemerdekaan Indonesia, apalagi perjuangan di kota Jogja. Ada berbagai diorama yang bercerita tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. Oleh karenanya, ini bagus untuk wadah edukasi pelajar nusantara dan generasi muda.

Konon, museum ini telah menyimpan kisah mistis. Ada hantu noni Belanda dengan kaki kuda sebagai penunggu

Benteng pertahanan yang mulalnya bernama Rustenburg ini dikenal sebagai benteng angker. Benteng tua ini ‘katanya’ dihuni oleh hantu noni Belanda berkaki layaknya kuda. Ada saksi mata dari seorang tukang becak yang mana melihat seorang noni Belanda di benteng Vredeburg kala tengah malam. Manakala menyibak gaunnya ternyata berkaki kuda. Oleh karenanya tukang becak tersebut jadi ketakutan. (serem sih)

Kadangkala juga muncul defile serdadu dengan seragam kompeni jaman dahulu. Pasukan yang muuncul tanpa kepala. Adapun kejadian ini disaksiskan oleh seorang penjaga stand di Festival Kesenian Yogyakarta beberapa tahun silam yang digelar di Museum Vredeburg. Ceritanya, saat ia harus menjaga barang dagangan, ia mendengar suara pasukan yang cukup menderu. Ia kaget bukan kepalang karena pasukan berseragam kompeni Belanda tersebut tidak memiliki kepala. (siapa yang tidak lekas pingsan kalau seperti ini?)

Bangunan yang sudah ratusan tahun berdiri ini wajar saja dihantui banyak penunggu, karena dahulu benteng ini adalah benteng pertahanan dan penjara

Tentang keangkeran museum, mungkin sudah ada banyak yang tahu mengenaii kisah dari mulut ke mulut. Sedikit tentang sejarah masa lalunya, kejadian mengejutkan terjadi pada tahun 1988 silam.

Pada saat dilakukan renovasi Beringharjo ada suara jeritan-jeritan yang terdengar oleh para pekerja yang sedang tidur di bedeng dekat benteng. Tentu siapapun pasti akan ketakutan mendengar jeritan tersebut. Teror jeritan-jeritan tersebut kemudian berhenti tatkala beberapa pekerja menemukan kerangka yang telah dikubur di utara Benteng Vredeburg. Menurut mereka kerangka ini dimungkinkan adalah tawanan dari sel yang berada di Benteng Vredeburg. Selanjutnya dipindah ke pemakaman umum.

Museum yang berelokasi di jantung kota Yogyakarta ini memang cocok untuk dikunjungi generasi muda. Di luar dari kisah misteri yang melekat di Benteng Vredeburg ini ada banyak kisah yang perlu disimak dan dipelajari. “JASMERAH” Jangan sesekali melupakan sejarah –Bung Karno

Terdekat dari Benteng Vredeburg, ada beberapa lokasi yang bisa kamu singgahii seperti Malioboro sendiri, Tugu Jogja, Nol Km, Museum Sonobudoyo, Keraton Yogykarta, Museum Kereta Keraton, hingga Taman Sari.

Untuk memudahkan Anda menyusun rencana perjalanan apalagi city tour seperti ini, Anda bisa lebih mudah dengan menggunakan paket wisata Jogja dari kami. Ada berbagai macam pilihan paket tour Jogja yang bisa kamu jadikan alternatif untuk perjalananmu di Yogyakarta.

Selain itu, kamu juga bisa sewa mobil di Jogja jika tidak ingin melakukan perjalanan dengan paket wisata kami. Mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja, kami sediakan untuk Anda armadanya.