Wajib Tahu Ciri-ciri Lingkungan Rumah Yang Sehat

Ketika berada di lingkungan yang kotor, virus dan bakteri menjadi hidup lebih bebas dan bisa menyerang kita dan keluarga kita tanpa kita tahu. Kita jangan cepat merasa berpuas hati ketika melihat kondisi lingkungan sudah terlihat bersih. Seringkali terjadi lingkungan yang dianggap bersih faktanya masih menimbulkan berbagai macam penyakit. Untuk itu, mengetahui ciri-ciri lingkungan sehat dan mewujudkannya di kawasan rumah kita sangat penting dipahami agar bisa menciptakan lingkungan bersih dan sehat seutuhnya.

Ciri-ciri dan kriteria lingkungan yang sehat :

 

  • Kondisi Air yang Bersih

 

Lingkungan sehat adalah lingkungan yang bisa menyediakan air bersih untuk warga yang ada di sekitarnya. Jika air di kawasan rumah kita masih keruh dan kotor, itu sama artinya lingkungan kita belumlah terlalu bersih untuk mendukung kesehatan.

 

  • Udara yang Asri

 

Udara yang asri merupakan salah satu ciri kebersihan lingkungan yang tidak terbantahkan sebab dapat memberikan asupan oksigen yang mencukupi dan tidak mengganggu pernapasan. Udara bersih dapat kita rasakan di lingkungan yang memiliki banyak pohon yang memproduksi oksigen secara alami.

 

  • Tertanam Banyak Pepohonan

 

Ciri lingkungan sehat dan bersih lainnya, yaitu banyaknya pepohonan hijau di kawasan sekitar rumah. Pepohonan hijau dapat memproduksi oksigen secara alami dari hasil fotosintesis. Kondisi ini membuat udara dilingkungan rumah kita menjadi segar dan bersih.

 

  • Sampah Terkelola Dengan Benar

 

Sampah yang berserakan di mana-mana dengan bau yang tidak sedap sudah jelas bukan salah satu ciri dari lingkungan sehat. Lingkungan yang bersih biasanya mempunyai fasilitas tempat sampah fiber pilah untuk mengelola sampah sehingga jauh dari kata sampah yang berserakan. Misalnya. Seperti, tersedianya tempat sampah organik dan non organik yang ada dilingkungan kita untuk diolah ditempat sampah yang telah disediakan.

 

  • Saluran Air Lancar

 

Lancarnya saluran air sangat menentukan bersih tidaknya lingkungan rumah kita. Di Lingkungan yang sehat saluran air akan mengalir lancar dan tidak menimbulkan genangan air yang tidak bersih agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang di hasilkan dari saluran air yang tidak bersih

 

  • Bangunan Tertata

 

Kebersihan lingkungan juga baru dapat terwujud apabila bangunan-bangunan yang merupakan bagian di dalamnya tertata baik. Jika tidak, lingkungan akan terlihat kumuh dan bisa menjadi sarang penyakit. Bangunan yang tertata sendiri merujuk pada kondisi bangunan yang rapi dan enak dilihat mata. Selain itu, dengan penataan yang baik, ciri-ciri lingkungan sehat lainnya dapat terlihat, seperti adanya pohon yang hijau, sampah yang tidak berserakan, juga saluran air yang tidak tersumbat.

Beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan kebersihan lingkungan :

 

  • Perbanyak Fasilitas Tempat Sampah

Menyediakan tempat sampah merupakan salah satu cara untuk menghindari dari orang-orang yang membuang sampah sembarangan dan terhindar dari berbagai macam virus dan bakteri.

 

  • Menanam Pohon

 

Menanam beberapa pohon sekaligus di halaman rumah kita dan mengajak anak kita untuk ikut menanam pohon agar terbiasa hidup dengan lingkungan yang bersih dan sehat.

 

  • Kerja Bakti

 

Membuat agenda kerja bakti bersama orang yang berada dilingkungan kita untuk mewujudkan kebersihan lingkungan. Membersihkan saluran air yang mampet bersama-sama,  membenahi Sampah yang berserakan dan membasmi Sarang-sarang nyamuk yang ada di genangan air kawasan sekitar rumah.

 

Sumber by gogreenfiberstainless.com