Spot-Spot Wisata Coban Rais Batu yang Tidak Boleh Dilewatkan saat Liburan di Malang

Berbicara tentang tentang tempat wisata di Kota Batu memang tidak ada habisnya. Karena wilayah ini diberikan kenikmatan olah Tuhan dengan memberikan pesona alam yang sangat mempesona di setiap sudutnya. Seperti diantaranya Coban Rondo, Selecta, Jatim Park, BNS serta Museum Angkut. Selain kelima wisata itu, ada lagi wisata lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Wisata ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang instagenic, yaitu Coban Rais.

Coban Rais merupakan wisata terkini yang banyak dikunjungi warga Malang Raya. Tidak hanya menyuguhkan keindahan air terjun, namun juga berbagai macam taman bunga dan spot foto yang unik. Kata coban itu sendiri dalam bahasa indonesia diartikan sebagai air terjun. Jadi, tempat wisata alam ini khas dengan air terjunnya yang indah. Seiring berjalanannya tahun, lokasi ini mengalamai beberapa tahap pembangunan yang hasilnya bisa jadi seperti sekarang. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter ini mulanya bernama Coban Sabrangan karena jalur menuju lokasi ini harus menyeberangi banyak sungai terlebih dulu.

Suasana alam yang sejuk di lokasi wisata coban rais ini membuat pengunjung betah berlama-lama disini. Pemandangan gunung, tumbuhan hijau serta suara deburan air terjun yang mampu menenangkan pikiran anda ketika berada disana. Tempat ini cocok sekali untuk anda yang ingin rileks sejenak dari rutinitas. Anda juga bisa sekalian mengabadikan momen di spot-spot unik yang disediakan. Apa saja kira-kira? Baca sampai akhir!

Baca juga: paket wisata malang murah

wisata coban rais batu
Photo by: @iemron_lazerz

Batu Flower Garden

Inilah alasan mengapa Coban Rais sekarang banyak dikenal masyarakat, salah satunya karena spot ikonik yang viral di media sosial. Begitu spot Batu Flower Garden ini mencuat, banyak anak muda hingga artis-artis yang berdatangan ke wisata alam Coban Rais ini. Spot ini sengaja dibangun di atas bukit dan desain secantik mungkin sebagai spot foto yang bertemakan bunga warna-warni. Lokasi ini tampak semakin cantik saat kita memotret dari atas atau ketinggian.

Ayunan Coban Rais

Nah, buat anda yang suka menguji adrenalin dengan permainan ekstrim, disini disediakan wahana ayunan yang berada di atas bukit dengan ketinggian ribuan meter. Tidak perlu takut saat menaiki ayunan ini, karena pengelola sudah mengutamakan keamanan mulai dari tali ayunan hingga safety belt yang dipakai. Anda hanya perlu mempersiapkan mental anda untuk mengumpulkan keberanian mencobanya. Spot ini juga menyuguhkan pemandangan bukit yang cantik untuk berfoto.

Rumah Hobbit

Jika anda menginkan spot yang tidak terlalu menanjak, spot ini mungkin yang anda cari. Rumah Hobbit terletak di tingkat kemiringan yang cukup dan tidak terlalu tinggi. Namun, anda tetap harus hati-hati karena medan nya yang lumayan curam. Spot ini terkenal karena bentuknya yang mirip di film kartun, sehingga banyak pengunjung yang rela antre untuk berfoto disini. Anda tertarik juga untuk foto disini?

Gardu Pandang

Gardu Pandang ini berada di kawasan perbukitan sehingga anda bisa menikmati pemandangan Kota Batu dari ketinggian. Kebanyakan wisatawan yang datang ke atas bukit ini ingin berfoto di ikon apel yang sudah digigit atau spot papan berbentuk love ini. Terlihat unik dengan pemandangannya yang didominasi pegunungan danl langit yang cerah.

Alamat & Harga Tiket Masuk Coban Rais Batu

Coban Rais terletak di Jalur Lingkar Barat, Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Batu. Jika anda berangkat dari pusat Kota Batu, hanya sekitar 7 kilometer dan dapat anda tempuh dengan waktu kurang dari 30 menit. Sedangakan dari pusat Kota Malang bisa dijangkau dengan kisaran waktu satu jam lamanya. Anda hanya perlu mengikuti jalur utama menuju Kota Batu dan mengikuti petunjuk arah menuju Coban Rais.

Harga tiket masuk lokasi wisata Coban Rais terbilang cukup murah. Anda cukup membayar Rp. 10.000 untuk mengunjungi air terjunnya. Sedangkan untuk lokasi spot foto di Batu Flower Garden, anda harus membayar lagi sebesar Rp. 25.000 dan dikenakan biaya tambahan jika membawa kamera atau drone. Dipatok dengan biaya Rp.10.000 hingga Rp. 75.000 tergantung dari jenis kamera.

Nah, itu tadi informasi tentang Coban Rais Batu Malang yang bisa anda bagikan kepada teman-teman liburan anda. Jika ada menginginkan kemudahan saat liburan di Malang, anda bisa melihat referensi paket wisata malang 5 hari 4 malam yang tersedia di halaman ini. Tetap terapkan protokol kesehatan saat anda berlibur di Kota Malang dan Batu. Selamat berlibur di Malang.