Perkembangan Anak 1 Tahun yang Wajib Diketahui Orang Tua

Ketika buah hati sudah berusia 12 bulan mungkin akan menjadi waktu yang cukup sibuk untuk orang tua. Waktu tidur anak akan berkurang dan otomatis jam istirahat orang tua akan berkurang. Namun, hal tersebut tidak akan menjadi masalah besar dan semakin lama akan semakin terbiasa. Yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah mempelajari tentang perkembangan anak 1 tahun.

Pengetahuan ini cukup penting karena dapat membantu orang tua untuk memprioritaskan hal apa yang perlu diberikan kepada anak. Sebagai contoh, karena di usia tersebut anak sudah mulai bisa mengenali lingkungan sekitarnya, maka orang tua harus mulai memastikan anak berada di lingkungan yang tepat. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang perkembangan di usia tersebut.

Perkembangan Fisik

Saat memasuki usia 1 tahun, umumnya bayi akan mempunyai berat badan sekitar 7 hingga 10 kg dengan tinggi tubuh antara 70 sampai 77 cm. Hal tersebut hanya kasus mayoritas. Bukan berarti bayi yang memiliki berat di bawah angka tersebut bermasalah. Mungkin saja hal tersebut hanya dikarenakan oleh perbedaan laju perkembangan tubuh saja.

Di usia ini anak juga sudah mempunyai keinginan untuk berjalan meski ada pula yang belum. Mungkin si kecil hanya akan berdiri dan berjalan secara tertatih-tatih dengan berpegangan pada benda sekitar. Jika anak menunjukkan tanda ini, sebaiknya orang tua segera membimbingnya untuk mempercepat anak berdiri dan kemudian berjalan.

Perkembangan Kognitif

Di fase ini, anak akan mulai menyadari tentang lingkungan sekitar dan keberadaan dirinya dan mengenali betapa menariknya tempat tinggalnya selama ini. Biasanya anak akan lebih sering meminta untuk turun dari gendongan dan mengeksplorasi tempat di sekitarnya. Jadi jangan heran jika anak akan sering merangkak ke sana kemari. Yang perlu dilakukan orang tua adalah mengawasi untuk memastikan anak tidak pergi ke tempat yang berbahaya.

Memori anak di masa ini juga sudah mulai berkembang. Saat itu adalah waktu terbaik untuk mengenalkan anak pada berbagai bentuk dan warna. Hanya saja, mereka butuh sedikit waktu untuk benar-benar bisa mempelajarinya dengan sempurna. Untuk menunjangnya, berikan mainan-mainan seperti balok warna-warni agar proses pembelajaran menjadi lebih cepat.

Perkembangan Aspek Bahasa

Walaupun anak belum mampu menjawab perkataan orang di sekitarnya, ia sudah bisa merespons meski hanya menggunakan ucapan yang tidak jelas. Mulai usia ini, anak sudah memasuki usia emas dan otak anak akan sibuk bekerja dan mempelajari banyak hal, salah satunya adalah kosakata. Mereka berusaha untuk mengingat antara benda dan kata yang diucapkan. Di sinilah peran orang tua sangat penting.

Lalu, apa yang perlu dilakukan orang tua setelah mengetahui perkembangan di atas? Yang jelas, anak harus tetap mendapat pengawasan dan pembimbingan secara ketat. Untuk mempercepat perkembangan anak, orang tua juga bisa memberikan susu formula untuk anak seperti Bebelac. Susu formula ini juga akan membantu anak memenuhi kebutuhan gizi hariannya.