Perbedaan Swab Test dan Rapid Test

Tahukah Anda perbedaan antara tes usap dan tes cepat? Untuk saat ini, pemberitaan tentang virus corona khususnya di Indonesia belum mereda. Faktanya, semakin banyak orang yang dites positif dan banyak yang jatuh karena virus ini. Hal tersebut berdasarkan data statistik terbaru dari Covid19.go.id tertanggal 28 Oktober 2020, dimana 400.488 orang terjangkit virus corona dan sebanyak 13.612 orang meninggal dunia.

Virus corona sendiri merupakan virus yang berbahaya dan telah merenggut banyak nyawa tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional. Virus ini sudah menyebar ke seluruh dunia sejak tahun lalu dan sejauh ini belum banyak mereda, meski ada kabar bahwa penangkal virus ini sudah ditemukan.

Dengan semakin banyaknya korban dan pasien positif corona, petugas kesehatan dan pemerintah bekerja sama mencari cara berbeda untuk menyembuhkan dan mencegah virus corona.

Beberapa hal yang telah dilakukan adalah implementasi lockdown dan social distancing, rapid test, dan swab test. Salah satu alat yang paling terkenal dan banyak digunakan di masyarakat adalah smear. Apa sebenarnya swab tes itu?

Apa Itu Swab Tes?

Tes usap adalah metode yang digunakan oleh ahli kesehatan untuk mendeteksi keberadaan virus atau bakteri penyebab penyakit. Istilah tes usap sendiri semakin populer di kalangan masyarakat karena penyebaran virus corona dan banyaknya rumah sakit serta tenaga medis yang menggunakan tes tersebut untuk pemeriksaan rutin.

Tes usap adalah tes yang menggunakan sampel lendir di hidung atau tenggorokan, darah, urin, dahak, dan cairan serebrospinal (CSF). Faktanya, hasil tes usap lebih akurat daripada tes lain, seperti tes cepat.

Alat untuk Tes Swab

Alat yang biasa digunakan untuk apusan adalah sejenis kapas yang dimasukkan ke dalam lubang hidung. Dokter kemudian memutar atau menggerakkan usap tes selama sekitar 15 detik untuk menjaga lendir di hidung Anda. Setelah itu. Alat tersebut dilepas dan dimasukkan ke dalam tabung plastik.

Tabung plastik ditutup rapat dan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa. Hasil tes swab akan teruji positif jika DNA atau RNA dari lendir hidung cocok atau cocok dengan replika DNA virus SARS-COV2, begitu pula sebaliknya.

Prosedur Tes Swab

Metode lain yang diketahui selain tes swab adalah tes cepat. Tes cepat adalah tes yang hanya dapat menentukan keberadaan virus di dalam tubuh dengan mengambil sampel darah dari pasien. Tes cepat ini dikenal sebagai tes cepat dan mudah.

Cara pengecekan dengan rapid test cukup sederhana dengan mengambil sampel darah dari ujung jari pasien dan meneteskan cairan antibodi ke sampel darah yang ada. Tunggu saja 10-15 menit kemudian dan test kit akan menunjukkan hasil yang sesuai. Tes cepat itu sendiri sangat berbeda dari tes usap, mereka memiliki kelebihan dan kekurangan.

Perbedaan Tes Swab Dengan Rapid Tes

Lalu apa bedanya kedua tes tersebut? Perbedaan antara swab dan rapid test ada pada sampel yang digunakan, dimana swab menggunakan lendir yang ada di hidung sedangkan rapid test menggunakan sampel darah. Tes cepat digunakan untuk tes skrining, sedangkan tes usap digunakan untuk mendiagnosis virus corona secara jelas sehingga hasilnya lebih akurat.

Hasil Swab Test

Perbedaan antara tes swab dan tes cepat dapat dilihat dari hasilnya. Hasil tes swab dapat dipublikasikan dalam beberapa jam atau bahkan hari, sedangkan tes cepat dapat dipublikasikan hanya dalam 10 hingga 15 menit. Selain itu, hapusan dapat langsung menentukan apakah seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak (diagnosis jelas), sedangkan tes cepat hanya memberikan informasi bahwa seseorang telah terinfeksi virus (skrining), tetapi belum dapat dipastikan apakah Virusnya adalah Covid-19.

Jadi ini adalah pengantar singkat tentang apa itu tes usap, cara kerjanya, hasil apa yang akan Anda dapatkan, dan bagaimana tes usap berbeda dari tes cepat. Semoga informasi ini dapat membantu Anda mengetahui lebih jauh tentang tes usap yang dilakukan untuk mendeteksi virus corona.

Apakah Anda sedang mencari distributor alat kesehatan? Jika iya, bisa kunjungi alkesduaputry.com yang sudah trusted.