Pengertian Resin dan Katalis Untuk Fiberglass

Pengertian Resin dan Katalis

Resin ialah zat kimiawi yang memiliki sifat cukup kental, condong terbuka, tidak larut di air, gampang terbakar dan akan mengeras secara cepat dan ada pula yang lamban. Menurut sejumlah sumber, resin telah digunakan semenjak jaman purba umumnya sebagai lapisan varnish atau perekat misalnya ialah getah resin damar, resin gumpalan dupa sebagai bahan pengerjaan patung dan sesajian. Bersamaan dengan mengembangnya jaman dan peluang resin organic lebih sulit dibuat, manusia mulai membuat sintetis dari beberapa bahan kimia. Saat ini resin dibuat berbagai macam tipe dan langkah sesuai manfaatnya seperti seperti akrilik, epoxy, melamin dan lain lain.

Refrensi Kegunaan dan Pengertian Bahan Fiberglass

Dalam kesempatan kali ini yang bakal saya berikan ialah Resin untuk fiberglass yakni cairan yang banyak dipasarkan di beberapa toko bangunan. Umumnya Resin ini dipasarkan sekalian dengan pengerasnya biasa disebutkan katalis (Catalyst) karena resin saja tidak mengeras secara baik bahkan juga ada yang yang tidak kering sepanjang beberapa minggu. Katalis tidak kental, bau tajam dan warna bening.

Pemakaian Resin dan katalis banyak digunakan sebagai bahan pembuatan dibawah ini :

  • Pengerjaan tubuh kapal, bangku dan meja.
  • Usaha kecil seperti gantungan kunci, hiasan, frame photo, dan lain-lain.
  • Modifikasi motor seperti fairing, spakbor, tutup rangka dan sparepart yang lain
  • Industri kerajinan semen dan gypsum dipakai sebagai bahan pengerjaan cetakan mode atau mal.
  • Bahan dasar cat kuku, cat minyak, tinta printer laser dan sebagainya.

Efek Jika Terlalu Banyak Campuran Katalis :

  • Hasil resin bening bisa menjadi kabur kekuning-kuningan sesudah kering. Ini pernah saya coba di saat membuat hiasan kecil untuk anak.
  • Panas yang terlalu berlebih bahkan keluarkan asap dan tempat campur dari gelas air mineral juga turut menetes.
  • Lama jadi kering. Ada yang menduga jika perbanyak katalis akan percepat pengeringan kombinasi resin tapi itu tidak betul serta dapat perlambat proses pengeringan. Ini sesungguhnya masih lumrah terlebih-lebih jika kualitas resin yang kita pakai tidak bagus. Kita perlu bersabar sampai 24 jam. Benar ada yang cepat jadi kering dalam kurun waktu 15 menit tapi ada pula yang 3-5 jam bahkan juga 24 jam.

Efek Jika Campuran Katalis Terlalu Sedikit :

  • Lama jadi kering. Ini sama dengan kelebihan ukuran di atas karena zat kimia tidak memperoleh bahan ikatan yang cocok dan akan sama-sama tolak menampik di antara partikel yang satu sama yang lain.
  • Gelembung yang terlalu berlebih. Proses penyatuan tidak prima menyebabkan senyawa hasilkan gelembung udara yang pasti memberi hasil yang kurang memberikan kepuasan.
  • Mengeras tapi dengan permukaan yang lekat. Sesungguhnya ini bisa kita strategii khususnya untuk benda hasil cetakan yang tidak membutuhkan kebeningan dan kelembutan permukaan yang nanti akan dilapis kembali, yakni dengan memakai thinner yang baik dengan tuangkan ke atas yang lekat dan sapu dengan memakai kain. Tidak boleh memakai busa karena busa akan remuk dengan thinner.

Baca Juga :

Kegunaan dan Pengertian Bahan Fiberglass

Material Dasar Pembuatan Fiberglass