Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Psikologi Pendidikan

Psikologi atau yang dikenal dengan sebutan ilmu jiwa yang mana berasal dari bahasa inggris psycology yang mana kata ini ialah bersal dua dua akar kata dari bahasa greek (Yunani) yaitu psyche yang berati jiwa sementara yang satu lagi dari kata logos yang berarti ilmu. Jadi secara bahasa makna dari psikologi yakni ilmu jiwa. Sedangkan guna kata Pendidikan sendiri berasal dari kata “didik” yang diperbanyak dengan awalan “me” berati “mendidik” yang mana makna dari kata itu yaitu menyerahkan pelatihan atau memelihara.

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

1. Muhibin Syah

Berdasarkan keterangan dari pendapat dari Muhibin Syah Psikologi edukasi yaitu sebuah disiplin ilmu terhadap bidang psikologi yang menginvestigasi menganai masalah psikologi terhadap anak yang terjadi dalam dunia pendidikan.

2. Bruno

Berdasarkan keterangan dari pendapat dari Bruno definisi dari psikologi terbagi menjadi tiga unsur yang pada hakikatnya urusan ini saling bersangkutan satu dengan yang lainnya.

3. Wherington

Disini Wherington menyatakan bahwa psikologi edukasi memppunyai faedah untuk studi sistematis mengani proses-proses serta faktor-faktor yang bersangkutan dengan edukasi manusia.

4. Sumadi Suryabrata

Disini Sumadi Suryabrata berasumsi bahwa psikologi pendidikan bermanfaat sebagai pengetahuan psikologi mengenai anak didik terhadap kondisi pendidikan.

5. Elliot

Berdasarkan keterangan dari pendapat dari Elliot, ia menyatakan bahwa psikologi edukasi adalahpenerapan terhdap teori-teori psikologi untuk mempelajari perkembangan, pembelajarn, motivasi, serta pengajaran dan pun permasalahan yang timbul dalam dunia pendidikan.

6. Anita Woolfolk Hoy

Disini Anita Woolfolk Hoy pun menjelaskan mengani definisi dari psikologi edukasi yaitu suatu ilmu yang memusatkan perhatiannya terhdap proses belajar serta pembelajaran, yang merealisasikan metode dan teori psikologi serta menjadikannya sebagai teori secara berkesesuaian.

7. Santrock

Disini berpengalaman psikologi Santrock berasumsi mengenai definisi dan pengertian psikologi edukasi yaitu suatu cabang dari ilmu psikologi yang mengutamakan diri dalam pemahaman tentang proses belajar dan pun mengajar pada lingkungan pendidikan.

8. Alice Crow

Psikologi edukasi yaitu sebuah studi tentang belajar, pertumbuhan, serta kematangan seorang pribadi serta penerapan terhadap prinsip-prinsip ilmiah mengenai reaksi insan yang memprovokasi proses belajar mengajar.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/