Pengertian Digital Marketing dan Cara Kerjanya

Digital Marketing adalah proses menggunakan saluran digital dan sosial untuk mempromosikan atau mengiklankan produk atau layanan bisnis kepada konsumen. Ini dapat terjadi di berbagai platform online, termasuk jejaring sosial, email, mesin pencari, aplikasi, Marketplace Digital dan situs web.

Digital Marketing adalah alat penting untuk bisnis yang meluncurkan, menumbuhkan, atau memperluas lini produk dan layanan mereka, jadi penting untuk mempelajari apa yang diperlukan dan teknik utama yang terlibat untuk lebih terlibat dengan audiens target Anda.

Pengertian Digital Marketing

Sama seperti pemasaran tradisional, yang berfokus untuk menjangkau audiens untuk tujuan branding dan promosi melalui media seperti cetak dan TV, pemasaran digital adalah proses mengkomunikasikan pesan kepada klien atau pelanggan potensial melalui saluran digital dan sosial.

Menggunakan mesin pencari seperti Google dapat menjadi cara yang berharga bagi pengguna untuk melihat upaya Digital Marketing Anda bekerja.

Misalnya, jika Anda menempatkan iklan penelusuran di Google, yang merupakan penempatan berbayar, pengguna dapat diberi tahu tentang bisnis Anda dan produk atau layanannya melalui iklan di halaman hasil mesin telusur (SERP) saat mereka menelusuri sesuatu yang serupa. Mereka kemudian dapat mengeklik tautan atau iklan bersponsor dan dapat dipandu ke situs web bisnis Anda.

Bisnis dapat menggunakan Google Ads untuk menempatkan iklan bertarget untuk bisnis mereka di situs tertentu tempat mereka dapat menjangkau audiens yang paling relevan.

Bagaimana Digital Marketing Bekerja?

Digital Marketing digunakan untuk membantu bisnis dan organisasi menginformasikan kepada pelanggan yang ada dan calon pelanggan tentang merek mereka dengan memberikan informasi atau konten yang akan mendorong pengguna untuk mengambil tindakan.

Baik itu produk baru yang terdaftar di situs web, layanan baru yang diterapkan dalam perusahaan mapan, atau blog baru yang mencari lalu lintas untuk membangun pengenalan nama, pesan tersebut dimaksudkan untuk menarik perhatian pengguna dan membujuk mereka untuk mengeklik untuk mengetahui lebih lanjut informasi.