Pengertian dan Fungsi Bank Umum

Pengertian dan Fungsi Bank Umum – Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit/atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat luas. Bank umum di masyarakat menjadi tempat untuk menyimpan dan menarik uang. Pada kesempatan lain, bank merupakan tempat penukaran mata uang asing dengan Rupiah. Namun, ada banyak fungsi bank.

Fungsi Bank Umum adalah menyediakan sarana penyimpanan dana masyarakat dalam bentuk giro, tabungan dan deposito serta dapat digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Selain itu, bank mampu menciptakan giro dan uang kuasi melalui proses penggandaan simpanan yang sebagian besar diterima dari masyarakat untuk diserahkan kembali kepada masyarakat.

Selain itu, bank bertugas menyiapkan mekanisme pembayaran atau transfer dana yang dapat meminimalkan biaya dan kendala serta memberikan pinjaman dengan manfaat yang besar untuk peningkatan produksi, perluasan investasi, dan juga peningkatan taraf hidup. Fungsi utama bank umum adalah menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat serta menunjang sistem pembayaran. Selain fungsi tersebut, terdapat fungsi utama lainnya, yaitu:

  • Menyediakan mekanisme dan instrumen pembayaran yang efisien dalam kegiatan ekonomi
  • Menghasilkan uang melalui pinjaman dan investasi
  • Mengumpulkan dana dan menyalurkannya kepada masyarakat
  • Memberikan layanan pengelolaan dana dan kepercayaan kepada individu dan perusahaan
  • Menyediakan fasilitas untuk perdagangan internasional
  • Menyediakan layanan penyimpanan untuk barang-barang berharga
  • Menawarkan layanan keuangan lainnya, seperti kartu kredit, atm, dan lainnya. Demikianlah ulasan tentang pengertian dan fungsi bank umum semoga bermanfaat.

Sumber: beritaharianku