Tips menulis Meta Deskripsi untuk SEO Website

meta deskripsi

Tips menulis meta deskripsi

Salah satu cara agar website masuk halaman satu Google dan bertahan dalam jangka waktu yang lama adalah dengan melakukan optimasi meta deskripsi.

Meta deskripsi adalah tulisan yang ditampilkan google dihasil pencarian saat kita mengetikan kata kunci tertentu di kotak pencarian.

Elemen ini  bisa kita setting sendiri, bisa menggunakan plugin Yoast SEO.

Walaupun terkadang Google mengambil judul dan kata-kata diparagraf pertama sebagai meta deskripsi di hasil pencarian Google.

Salah satu alasan penting mengapa kita harus mengoptimasi bagian ini agar Click Through Rate (CTR) website meningkat sehingg ranking bertahan lebih lama.

Selain mampu meningkatkan CTR, optimasi meta deskripsi akan berpengaruh pada ranking website.

Nah, apa saja yang bisa kita lakukan untuk melakukan optimasi meta deskripsi ini, mari kita bahas bersama-sama melalui tulisan ini.

Unik

Unik yang kami maksud, anda tidak mengambil meta deskripsi dari postingan anda. Termasuk mengambil meta deskripsi dari kompetitor.

Usahakan anda menulisnya sendiri.

Tulis sendiri untuk menggambarkan postingan yang anda terbitkan. Sehingga calon pengunjung mengetahui topik yang akan dibahas di website.

Meta deskripsi yang unik akan mendorong user untuk klik lebih besar.

Sekali lagi, meta deskripsi ini akan membantu anda masuk halaman satu google dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Mengandung Kewyord

Selain memiliki meta deskripsi yang unik, anda juga harus memastikan meta deskripsi terdapat kata kunci yang anda target.

Ini adalah bagian yang sangat penting.

Hanya saja anda tidak perlu menjajali meta deskripsi dengan banyak kata kunci sekaligus. Cukup dimunculkan sebanyak satu kali saja.

Selanjutnya, anda bisa menggunakan LSI agar google semakin paham konteknya.

Mengandung ajakan bertindak (CTA)

Pertama harus unik, kemudian mengandung keyword, selanjutnya harus mengandung ajakan bertindak (CTA), itulah adalah beberapa bagian penting dari meta deskripsi.

Ajakan bertindak disini bisa berupa klik disini, lihat disini dan lain sebagainya.

Hal ini perlu anda lakukan karena tidak semua calon pengunjung anda berpengalaman dalam melakukab browsing. Sehingga perlu dipandu sedetail mungkin.

Pada banyak website kami selalu menyertakan call to action pada meta deskripsi.

Terakhir tentang Meta Deskripsi

Masih ada beberapa tips hal lain yang perlu anda lakukan untuk optimasi meta deskripsi. Karena sedikit teknis, sehingga kami tidak bisa membahasnya pada kesempatan ini.

Khusus bagi teman-teman yang terkendala melakukan Optimasi Meta Deskripsi website, bisa menggunakan Layanan Jasa SEO Website, lagipula harga optimasinya relatif murah.

Ada banyak pemula yang enggan menggunakan layanan optimasi website karena takut bayar mahal, padahal ini adalah bagian penting dari langkah pemasaran online anda.

Kami berharap, beberapa poin yang dibahas untuk optimasi meta deskripsi diatas bisa membantu.

Jika teman-teman merasa ada yang kurang paham, mari kita diskusikan melalui kolom komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.