Object Rekreasi Taman Situ Lembang Menteng

Taman Situ Menteng sebetulnya cuman berbentuk Taman biasa. Tetapi ada kekhasan sendiri yang dipunyai Taman ini dan kemungkinan tidak berada di taman yang lain.

Disamping itu, lokasinya yang sempat jadi tempat monumental sampai sekarang ini dekat sama rumah beberapa figur nasional lah yang membuat Situ Lembang seakan spesial. Dan berita baiknya, Situ Lembang terbuka untuk umum tanpa ongkos.

Taman Situ Lembang ini seakan jadi oase penyegar dahaga saat kita di padang pasir. Bagaimana tidak, di tengah-tengah panasnya ibu-kota Jakarta, dan hiruk pikuk kendaraan dan pencemaran masih ada fasilitas ruangan terbuka hijau yang menyuguhkan kesejukan dan angin segar untuk kita.

Taman Situ Lembang ini ‘menyediakan’ oksigen untuk masyarakat Jakarta yang seakan telah dikepung oleh pencemaran yang dikeluarkan oleh kendaraan yang berseliweran setiap waktu di jalanan.

Walau tidak dibikin khusus sebagai tempat wisata, tetapi taman situ Lembang ini rupanya menjadi satu diantara arah warga Jakarta untuk habiskan waktu berlibur mereka. Baik itu dihari-hari biasa apa lagi saat akhir minggu datang.

Tidaklah aneh mengapa warga jadikan taman Situ Lembang ini untuk tempat liburan, karena di sini ada pohon yang tumbuh dengan teduh dan taman bunga yang teratur secara baik, hingga hasilkan udara yang sejuk dan fresh untuk dihirup.

Setali tiga uang, makin bertambahnya pengunjung yang tiba mengundang beberapa pedagang untuk penuhi keperluan pangan beberapa pengunjung.

Di taman ini anda bisa juga melahap bermacam kulineran simpel dimulai dari ketoprak, sate, nasi goreng, gado-gado, nasi syetan, roti bakar, jus dan lain-lain, dengan harga yang cukup ramah kantong.

Pedagang tawarkan dagangannya dengan berkeliling-keliling tanpa memakai bangunan tetap, hingga keelokan dan keasrian taman selalu terlindungi secara baik.

Makin hari taman ini makin teratur dengan bagus, apa lagi taman ini diatur dan dirawat leh Dinas Pertamanan Pemerintah provinsi DKI Jakarta. Hingga bukan hanya pas untuk didatangi oleh orang dewasa saja, tetapi oleh anak-anak.

Anaka-anak dapat bermain sepuasnya di sini, tempat ini ramah anak, ada banyak sarana untuk bermain anak seperti ayunan, seluncuran, jungkat-jungkit dan lainnya. Anda bisa juga menemui burung dara, monyet dan tupai yang menyengaja dipiara. Koleksi hewan itu pasti makin menambahkan kecerian anak-anak dan pengunjung dewasa saat ada di Taman Situ Lembang.

Taman Situ Lembang lewat Visitjakarta

Jika anda dengar kata Lembang, tentu beberapa langsung berpikir mengenai salah satunya wilayah di Jawa Barat sana kan? Rupanya nama Lembang ini tidak ada hubungan dengan salah satunya teritori di Lembang sana.

Pada awalnya, Situ Lembang sebagai sekadar danau bikinan yang dibuat bertepatan dengan pembangunan perumahan Menteng. Desainernya ialah seorang pegawai sisi Gemeente Batavia yang namanya Moojen. Dibuat di tahun 1918, Situ Lembang masih dikitari beberapa rumah sampai tahun 1970.

Wah rupanya sangat tua sekali ya. Bahkan juga lebih tua dibanding umur Republik ini. Untuk pembuatan taman ini sendiri dipegang lansung oleh Ir. F.J. Kubatz.

Sampai di tahun 70-an, disekitaran danau atau Situ Lembang ini masih ada beberapa rumah kuno warisan jaman Belanda.

Seiring waktu berjalan, beberapa rumah itu telah di bedah atau dibongkar dan sekarang telah diganti oleh beberapa rumah kekinian dengan design arsitektur bercampuraduk dan makan habis halaman di sekitarnya dan dihias pagar-pagar yang tinggi.

Dan sekarang, beberapa rumah warisan penjajah Belanda telah diperbaiki berpenampilan kekinian dan membuat rumah periode Penjajahan Belanda jadi sangat jarang di sejauh Jalan disitu, ganti bangunan dengan lantai dua dengan arsitektur bermacam.

Walau Situ Lembang sendiri ada di balik kepadatan jalan raya Jakarta dan ada antara tempat tinggal elit wilayah Menteng, hal itu tidak menurunkan pengunjung untuk berekreasi disitu.

Bahkan juga kedatangan Taman ini memberikan arti penting tertentu untuk sebagian orang. di tahun 1950-an misalkan, Saiful Bahri mendapatkan ide dari Taman ini dan membuat lagu dengan judul “Cerita Malam di Jalan Lembang”.

Juga pada kelompok cerpen dengan judul “Tuileries” kreasi Nh Awal yang keluar di tahun 1982 mengatakan “Empang Lembang” di bagian terakhir ceritanya. Rupanya selainnya dikenali bernama Taman Situ Lembang, Taman ini disebutkan Danau Lembang.

Untuk luas taman ini sendiri kurang lebih capai sekitaran 14.700 meter2. Jika kita saksikan dari drone, dengan jelas kita dapat menyaksikan taman ini mempunyai wujud seperti wujud daun, begitupun pada jalan yang ada di sekitarnya.

Design antiknya kembali, pintu masuk keluar taman ini berada di dua ujung kerucut daun. Pada bagian pinggir danau anda dapat melihat beberapa pohon besar tumbuh dengan suburnya, dimulai dari pohon asam, angsana dan beringin.

Anda tak perlu cemas, pohon ini terurus secara baik, hingga anda tidak menemui juluran-juluran akar dari pohon beringin.

Di tengah-tengah danau Lembang ini anda akan melihat air mancu yang dihidupkan sekitaran 2 jam sekali. Mulai hidup dari jam 08.00 dan dimatikan pada pukul 10.00 selanjutnya dihidupkan kembali pada pukul 12.00, demikian selanjutnya, berselang-seling tiap 2 jam sekali.

Air mancurnya ada yang besar dan ada yang kecil, hidupnya berganti-gantian terkadang menyembur air lumayan tinggi dan kadang pancarannya dibikin rendah. Sementara air yang penuhi danau banyak tanaman teratai yang kelihatan benar-benar cantik di saat musim berbunga.

baca juga : Sarana dan Harga Ticket Masuk Ancol Terkini, Check Promosinya yok

Lokasi dan Langkah Ke arah Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang sebagai salah satunya Taman yang berada di Jl Lembang Terusan. Tempat ini ada di Kecamatan Menteng, wilayah Jakarta Pusat. Terletak cuman memiliki jarak sekitaran 350 m dari Taman Suropati. Lokasi ini dekat sama rumah dinas Wapres Jusuf Kalla.

Jalan Lembang sebagai sodetan Jalan Imam Bonjol yang diambil dari arah Bundaran HI ke arah Megaria. Jalan ini lumayan kecil dibanding Jalan Imam Bonjol yang ada Taman Suropati. Banyak fasilitas yang bisa dipakai untuk ke arah tempat rekreasi ini.

Kamu bisa memakai kendaraan individu atau transportasi umum. Bila menggunakan kendaraan individu, cukup taati instruksi dari google maps. Dan bila memakai transportasi umum, kamu bisa menggunakan bus atau angkutan yang lain dan stop di Terminal Bis Jakarta Pusat. Sesudahnya, kamu bisa lanjut dengan ojek ke arah lokasi Taman. Gampang, kan?

Daya Ambil Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang sebagai taman yang paling cantik dan mempunyai daya tarik tertentu dibandingkan Taman lain di tempat Jakarta. Bila jadi perhatian, Situ Lembang berupa seperti daun. Jalan yang mengitarinya juga sama, nyaris seperti dua ujung kerucut berupa seperti daun yang berjumpa.

Hampir serupa dengan Taman Suropati yang memiliki air mancur, Taman ini memiliki danau yang banyak pohon teratai sama air mancur di tengah-tengahnya. Air mancur ini hidup tiap 2 jam sekali. Hidupnya diawali dari jam 8 pagi, lalu akan mati saat telah jam 10 pagi, hidup kembali di jam 12 siang dan akan mati di jam 2 siang, demikian selanjutnya dengan perbedaan 2 jam hidup dan 2 jam mati. Unik, ya?

Danau itu mempunyai wujud nyaris oval dan tentunya terbuka untuk siapa saja yang akan bertandang. Tidak boleh cemas bermain air karena air danau disitu datang dari sumber alam yang bersih. Sering juga kelihatan sebagian orang memancing di Danau karena jumlahnya ikan disitu, misalkan lele, gabus dan mujair.

Mancing di Taman Danau Lembang

Di pinggir danau, pohon beringin yang lebat memimpin. Akarnya yang umumnya menjulur memanjang dan kerap dijumpai pada pohon beringin kelihatan dipotong pendek. Disitu ada Pohon Asam dan Angsana. Walau rumputnya lebat, tetapi dipotong rapid an dipersiapkan beberapa tong sampah supaya kebersihan Taman selalu terbangun.

Disitu ada pohon-pohonan tinggi dengan dahan teduh yang paling nyamana dipakai berlindung. Ada pula jogging trek yang teratur rapi di sekitar danau yang bisa dipakai untuk olahraga baik di sore atau pagi hari.

Taman selebar 11.150 m2 ini benar-benar populer di Menteng. Beberapa orang yang bertandang sekedar untuk makan siang, bergabung bersama rekan dan sanak saudara, sampai tempat aktivitas beberapa pelajar dan gurunya. Sekarang ini sesudah teratur, Taman Situ Lembang kelihatan lebih bersih dan rapi.

Untuk yang ingin olahraga enteng, disitu ada jejeran batu yang sering dipakai sebagai pijat refleksi untuk kaki-kaki pengunjung. Lokasinya berada di tempat bermain anak . Maka sambil memantau anak, orangtua bisa lakukan massage kaki secara alami.

Di tempat bermain anak, ada Patung Dinosaurus yang paling disukai sebagai spot photo. Ada pula sarana permainan seperti papan seluncur, ayunan, atau sekedar hanya bermain dengan beberapa ratus burung merpati yang dipiara Dinas Pertamanan disitu. Terkadang ada komune hewan yang datang disitu dan memperlihatkan hewan-hewan piaraan mereka ke beberapa pengunjung, dimulai dari anjing, monyet, tupai, sampai ular. Horor, ya?

Sarana Anak Taman Situ Lembang lewat thearoengbinangproject
Sebagian orang yang inginkan quality time untuk diri kita terkadang tiba sendirian dan cuman berbaring di atas rumput halus disitu sambil bawa buku bacaan. Untuk yang ingin rekreasi, disitu ada spot yang kerap dipakai untuk makan perbekalan dari rumah.

Tenang saja… tidak ada petugas yang larang asal sampah kamu buang pada tempatnya. Salah satunya Taman paling tua di Jakarta ini mempunyai tempat duduk yang terpasang dalam jarak cukup lengang.

baca juga : Hal Menarik dan Kegiatan Rekreasi Di Pulau Salawati

Duduk Rileks di Taman Situ Lembang

Yang tidak bawa perbekalan, disitu banyak tersedia penjual jajan keliling. Atau kamu dapat pesan lewat online karena ada sarana wifi gratis disitu. Banyak makanan yang dijajakan disekitaran Taman, diantaranya nasi goreng, lontong, ketoprak, roti bakar, sate, rujak, gado-gado, sampai jus dan bermacam minuman yang lain.

Sarana di Situ Lembang

Rekreasi alam sekalian pembelajaran ini memiliki banyak sarana selainnya wifi gratis, yakni :

  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Rest Tempat

Kereta Delman yang bisa dibawa berkeliling-keliling Taman tetapi tidak tiap hari ada disitu

Arah taman ini sebetulnya dibikin bukan sebagai tempat wisata tetapi sebagai ruangan terbuka hijau. Hingga berharap maklum jika taman ini tidak mempunyai sarana untuk berlibur yang komplet.

Walau taman situ lembang ini mempunyai sarana untuk bermain, tetapi cukup hebat kok untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga.

Apa lagi anda tidak dikenai ongkos masuk, dengan sarana yang ada sudah pasti rasanya lebih dari cukup buat bergembira bersama anak di tempat yang asri dan sejuk di Ibu-kota ini.

Kita bahas dari segi keamanan. Taman ini telah diperlengkapi dengan pos penjaga yang hendak membuat kita merasakan aman sepanjang berlibur nanti.

Apa lagi tempat taman situ lembang ini juga mempunyai toilet yang dapat kita pakai bila setiap saat ingin kebelakang. Toilet di sini terurus secara baik, hingga memberinya kenyamanan untuk pengunjung yang tiba.

Tempat parkir yang disiapkan termasuk cukuplah dikelola hingga kita tak perlu kuatir tinggalkan kendaraan. Tempat parkir di taman situ lembang ini bisa juga memuat banyak kendaraan, hingga kita tak perlu kuatir tidak bisa tempat parkir ya.

Di taman situ lembang ini juga disiapkan tempat duduk yang dibuat dari beton yang melingkari danau. Hingga benar-benar pas untuk kita yang ingin rileks sesaat, menyaksikan beberapa orang yang mancing.

Atau anda pun hoby mancing, tidak ada kelirunya untuk ikut-ikutan mancing di sini bersama pemicu yang tiba dari beragam wilayah ke sini.

Taman di sini juga cantik dan banyak oleh beragam tipe bunga elok plus diperlengkapi dengan bentangan rumput-rumputan hijau yang bersih dan terurus, apa lagi ada tempat bermain anak yang representatif, andong / delman rekreasi, dan lainnya.

Kulineran di Taman Situ Lembang

Saat perut mulai keroncongan karena telah sepanjang hari ini bermain, sekarang waktunya untuk mengisinya dengan bermacam panganan sedap yang ada disekitaran taman situ Lembang.

Sehingga anda tak perlu cemas jika tidak bawa perbekalan dari rumah karena ada beberapa anda akan dimanja oleh kulineran sedap yang dijajakan beberapa pedagang keliling yang berada di Taman Situ Lembang cukup variasi dan menggugah selera, bahkan juga beberapa menu makanan yang berada di sini susah untuk ditemui di beberapa tempat lain, seperti Nasi Edan.

Walau di taman yang notabene lokasi untuk berlibur, anda tak perlu kuatir permasalahan harga, untuk nikmati anekak uliner sedap di sini, anda perlu mengambil kantong sekitaran Rp.15.000 – Rp.25.000 perporsi.

Kalaulah anda tidak ingin keluar uang lebih, anda dapat mengantarnya dari rumah kok . Maka anda dapat makan bersama di taman ini. Rasakan kesan makan bersama di alam, wah tentu hebat sekali nih.

baca juga wisata pantai murah : pulau papatheo kepulauan seribu

Anjuran dan Panduan Berlibur ke Situ Lembang

Ada banyak anjuran dan panduan yang bagusnya kamu taati supaya wisatamu lancar, aman, dan masih tetap membahagiakan. Anjuran dan panduan itu diantaranya :

Awasi cuaca saat sebelum pergi supaya tidak tidak berhasil keseluruhan dalam berekreasi
Persiapkan kepentingan seperti air minum, perbekalan, dan kepentingan yang lain
Persiapkan juga camera untuk mendokumentasikan event
Membawa beberapa obat seperti antiseptic dan obat biasa yang lain
Menjaga diri dan selalu siaga

Demikian pembahasan berkenaan rekreasi di Taman Situ Lembang. Taman di wilayah Jakarta Pusat ini pas bila dipakai isi berlibur panjang atau sekadar refreshing. Selainnya dekat sama fasilitas infrastruktur yang lain, kamu tak perlu pergi jauh keluar Jakarta untuk liburan ala-ala perdesaan. Mudah-mudahan berguna dan selamat liburan!