NIKMATI KEMUDAHAN BELANJA BARANG DAN JASA BUMN ONLINE!

Platform digital selama satu dekade terakhir memang sangat booming di Indonesia. Berbagai platform muncul selama satu dekade ini dengan berbagai ide dan juga inovasi yang mereka berikan.

Sebut saja marketplace, online agency travel, fintech dan masih banyak lagi platform yang muncul.

Di tahun 2020 ini, pemerintah Indonesia melalui Kementerian BUMN telah mengeluarkan sebuah inovasi dengan menghadirkan platform digital untuk proses belanja barang dan jasa BUMN secara online.

Pasar Digital UMKM merupakan nama yang disematkan kepada platform ini. Platform ini memegang peranan penting dalam roda ekonomi Indonesia ke depannya.

Bagaimana tidak? Platform ini menggabungkan dua unsur terkuat yang ada di Indonesia yakni BUMN, perusahaan yang dikelola negara atau sebagiannya dikelola negara. Juga ada UMKM yang merupakan jenis atau model bisnis terbesar yang ada di Indonesia.

Bagi unit UMKM yang pernah menjadi supplier belanja barang dan jasa BUMN, Anda bisa melihat tata cara daftar penjual PaDi UMKM B2B secara lengkap di sini atau Anda bisa melakukan registrasi dengan cara berikut ini:

  1. Klik “Daftar” di pojok kanan atas halaman utama PaDi UMKM B2B.
  2. Isi kelengkapan data pada step 1 ( Nama Perusahaan, NPWP, SIUP, TDB, NIB, Jenis Kegiatan Usaha dan BUMN Pengampu), kemudian klik “BERIKUTNYA”. Pada bagian kolom BUMN Pengampu dan Organisasi/Himpunan, silahkan diisi sesuai dengan BUMN/Organisasi pengampu perusahaan Anda. Bagi UMKM di bawah naungan BUMN, silahkan diisi sesuai dengan BUMN pengampu. Bagi yang berada di bawah naungan organisasi, silahkan diisi sesuai organisasi pengampu.
  3. Pada step 2, isi alamat perusahaan dan informasi pembayaran, kemudian klik “BERIKUTNYA”. (Gunakan nomor rekening perusahaan, atau jika tidak ada, gunakan nomor rekening direktur utama atau pemilik perusahaan Anda).
  4. Di step 3, masukan data Person in Charge (PIC) perusahaan. Kemudian klik “BERIKUTNYA”. (Pastikan nomor ponsel dan email yang diisi sudah benar dan aktif).
  5. Pada step 4, upload kelengkapan dokumen dengan format JPG atau PNG dengan size maksimal 1MB. Kemudian klik “DAFTAR”. Setelah itu, maka toko yang didaftarkan akan masuk ke verifikasi tim PaDi UMKM. Apabila sudah diverifikasi, maka Anda akan mendapatkan email (email yang sudah didaftarkan) untuk melakukan aktivasi serta pembuatan password.
  6. Setelah mengirimkan permohonan registrasi, mohon tunggu paling lambat 3 hari kerja untuk proses review dan verifikasi. Jika belum lolos verifikasi, silahkan mendaftar kembali dan pastikan untuk melengkapi semua informasi, syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika berhasil terverifikasi, Anda akan mendapatkan email notifikasi untuk aktivasi akun.
  7. Segera aktivasi akun Anda, buat password baru dan Anda telah bergabung dengan PaDi UMKM B2B.

Bagi yang ingin bergabung sebagai seller dan buyer di PaDi UMKM, Anda bisa melakukan registrasi Buyer Group/Pembeli dengan cara mengirimkan email ke [email protected], dengan mencantumkan:

  1. Nama BUMN
  2. Nama Buyer Group, Contoh: “Divisi SCM”
  3. Alamat Lengkap
  4. Nama Manager & Staff
  5. Email Manager & Staff
  6. NIK Manager & Staff
  7. Posisi/Jabatan Manager & Staff
  8. Nomor Handphone dan Nomor Kantor Manager & Staff