Niat Dan Tata Cara Shalat Tarawih Dan Witir

Di bulan Ramadhan, selain puasa masih banyak amal ibadah lainnya yang dapat dilakukan umat muslim. Shalat tarawih merupakan salah satunya. Shalat tarawih biasanya dilakukan setelah selesai shalat isya di malam hari. Memang sudah menjadi hal lumrah bagi umat muslim untuk melakukan shalat tarawih secara berjamaah di masjid pada bulan Ramadhan. Tetapi di Ramadhan tahun 2020 ini, pemerintah menghimbau kepada seluruh umat muslim di Indonesia untuk shalat tarawih di rumah masing masing. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah semakin meluasnya risiko penularan virus Corona Covid-19. 
Tidak perlu khawatir karena meski melakukan shalat tarawihnya di rumah, tetapi pahalanya tidak akan berkurang. Jika kamu ingin melakukan shalat tarawih dan witir di rumah, maka berikut dibawah ini niat shalat tarawih dan witir serta tata cara shalatnya :

1. Niat Shalat Tarawih Sendiri Di Rumah

Shalat tarawih merupakan ibadah sunnah yang hukumnya sunnah muakad yang dapat dilakukan sendirian di rumah atau secara munfarid. Saat kamu akan melakukan shalat tarawih sendirian di rumah, berikut dibawah ini bacaan niatnya :
“Ushollii sunnatat-taroowiihi rok’ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta’alaa.”
Artinya : “Saya niat shalat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

2. Tata Cara Shalat Tarawih Sendiri Di Rumah

Shalat tarawih sendiri di rumah pada umumnya cukup dikerjakan sebanyak 11 rakaat saja yang terdiri dari 8 rakaat shalat tarawih dan 3 rakaat shalat witir. Shalat tarawih idealnya dikerjakan sebanyak 2 rakaat diakhiri 1 kali salam seperti shalat sunnah lainnya. Kerjakan shalat tarawih 8 rakaat dengan setiap 2 rakaat diakhiri 1 kali salam seperti biasa. 
Kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan shalat witir 3 rakaat yang diakhiri 1 kali salam. Sebenarnya tata cara untuk mengerjakan shalat tarawih sendiri di rumah ini sama saja dengan cara mengerjakan shalat fardhu, termasuk gerakan dan bacaannya. Yang menjadi pembeda antara tata cara shalat tarawih dengan shalat fardhu terletak pada bacaan niatnya saja. 

Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini tata cara shalat tarawih :

·         Membaca takbiratul ihram.
·         Membaca doa iftitah.
·         Membaca surat Al-Fatihah.
·         Membaca Surat dalam Al-Quran.
·         Ruku’.
·         I’tidal.
·         Sujud.
·         Iftirasy (Duduk diantara dua sujud).
·         Sujud kedua.

Lalu berdiri untuk mengerjakan shalat rakaat kedua.

·         Membaca surat Al-Fatihah.
·         Membaca surat dalam Al-Quran.
·         Ruku’.
·         I’tidal.
·         Sujud.
·         Iftirasy (Duduk diantara dua sujud).
·         Sujud kedua.
·         Tasyahhud akhir.
·         Mengucapkan salam.

3. Niat Dan Tata Cara Shalat Witir

Umumnya jumlah rakaat shalat tarawih itu 11 rakaat yang terdiri dari 8 rakaat shalat tarawih dan 3 rakaat shalat witir. Tetapi ada juga yang mengerjakan shalat tarawih sebanyak 20 rakaat ditambah 3 rakaat shalat witir. 
Meski begitu, masing masingnya itu dikerjakan setiap 2 rakaat yang diakhiri 1 kali salam. Sebaiknya shalat tarawih memang ditutup dengan shalat witir yang ganjil jumlah rakaatnya, yaitu bisa 1 rakaat atau 3 rakaat.
Berikut dibawah ini bacaan niat shalat witir 3 rakaat sekaligus :
“Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka’aatin mustaqbilal qiblati adaa’an lillahi ta’alaa.”
Artinya : “Saya berniat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’alaa.”
Itulah niat dan tata cara shalat tarawih dan witirlengkap beserta artinya. Dengan mengetahui bacaan niat dan tata cara shalat tarawih dan witir yang benar, diharapkan shalat tarawih dan witir yang dikerjakan dapat berbuah amalah shalih.