4 langkah untuk meningkatkan pemasaran SEO Anda untuk bisnis kecil

Untungnya bagi pemilik usaha kecil, Anda tidak perlu memiliki anggaran besar atau tim besar untuk sukses dengan SEO. Anda hanya perlu memahami beberapa praktik terbaik dasar dan menerapkannya.

Berikut adalah empat langkah sederhana yang dapat Anda ambil hari ini untuk meningkatkan SEO bisnis kecil Anda.

1. Melampaui kata kunci.

Kembali pada hari-hari awal SEO, pemasar akan menulis konten mereka dengan lusinan kata kunci dengan harapan Google akan melihat frekuensi dan meningkatkan peringkat halaman. Akibatnya, teks sering terputus-putus sehingga sulit dibaca dan tidak bermanfaat bagi pengguna.

Hari ini, Google akan menghukum konten yang menyertakan terlalu banyak kata kunci. Idealnya, konten Anda harus memiliki kepadatan kata kunci 2 dan 5% , yang berarti Anda menyebutkannya tidak lebih dari lima kali untuk setiap 100 kata yang Anda publikasikan.

Namun, Anda perlu memahami lebih lanjut tentang mengapa orang mencari kata kunci tertentu. Mesin pencari lebih fokus pada niat pengguna dan akan mengembalikan situs web yang menurut mereka paling cocok dengan apa yang ingin dilakukan seseorang ketika mereka mencari topik tertentu.

Misalnya, jika Anda mencari istilah “Jasa SEO Jakarta“, Anda akan mendapatkan hasil untuk restoran tertentu, serta artikel yang memberi peringkat restoran lokal berdasarkan berbagai kriteria.

Intinya: Anda harus fokus pada pembuatan konten berkualitas yang menjawab pertanyaan dan memberikan informasi yang relevan dan berguna yang diharapkan dapat dilihat oleh orang-orang yang membuka halaman Anda.

2. Buat profil Google Bisnisku.

Jumlah pencarian online yang menggunakan istilah “dekat saya” telah melonjak sebanyak 900% selama dua tahun terakhir. Jika Anda menggunakan kehadiran online Anda untuk mengarahkan orang ke lokasi bisnis fisik Anda, Anda harus menyiapkan profil Google Bisnisku.

Prosesnya gratis dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit, tetapi ini menambah otoritas pada bisnis Anda dan memberikan lebih banyak informasi yang berguna bagi pengguna. Paling tidak, Anda harus menyertakan nama, alamat, dan nomor telepon Anda. Lihat semua informasi yang disediakan oleh Monday Night Garage di profil Google Bisnisku.

Hal terbaik tentang membuat profil Google Bisnisku adalah Anda tidak perlu menjadi ahli SEO untuk melakukannya. Anda hanya perlu mengetahui informasi perusahaan Anda dan mengikuti petunjuk Google , dan profil Anda akan segera disiapkan.

3. Dorong pelanggan untuk meninggalkan ulasan.

Anda mungkin sudah menyadari kekuatan ulasan positif untuk bisnis kecil Anda. Lagi pula, 86% konsumen membaca ulasan untuk bisnis lokal sebelum menjadi pelanggan. Anda mungkin tidak menyadari bahwa ulasan ini juga memengaruhi kinerja SEO Anda.

Menurut Moz , Google menganggap ulasan pelanggan sebagai salah satu faktor utamanya dalam menentukan posisi peringkat pencarian. Bahkan, ulasan dihargai sebanyak 15% dalam hasil pencarian paket lokal.

Anda dapat melihat tiga hasil teratas di bawah peta dalam istilah penelusuran ini, semuanya menyertakan skor ulasan. Ulasan ini mengirimkan sinyal positif ke Google bahwa bisnis Anda tepercaya dan memberikan pengalaman pelanggan yang baik.

Penting untuk diingat bahwa, meskipun Anda ingin semua ulasan Anda positif, ulasan negatif di sini atau di sana tidak akan merugikan SEO Anda selama Anda membalasnya tepat waktu.

4. Buat backlink dari situs lain.

Pembuatan tautan adalah faktor utama SEO di luar situs yang mungkin dikuasai oleh merek-merek besar dari sebagian besar anggaran pemasaran digital mereka. Meskipun memiliki dana ekstra untuk menyewa agen dan vendor membantu, Anda dapat melakukan beberapa hal yang sama sendiri.

Mungkin perlu sedikit waktu, tetapi Anda dapat memulai program penjangkauan untuk menghubungi organisasi yang relevan untuk mengembangkan tautan balik yang memiliki reputasi baik ke halaman Anda. Semakin tinggi otoritas domain halaman yang menautkan ke Anda, semakin baik backlink di mata Google.

Misalnya, jika bisnis Anda adalah restoran Cajun, Anda dapat menghubungi koran lokal atau outlet media tentang memasukkan bisnis Anda ke dalam artikel tentang tempat terbaik untuk menghabiskan Mardi Gras.

Anda juga dapat mengarahkan lalu lintas kembali ke situs Anda dengan membuat cantuman untuk bisnis Anda di situs direktori lain seperti Yelp dan YP.com.