Mengenali Profile Tipe Burung Gouldian Finch

Finch Gouldian adalah spesies burung piaraan yang paling cantik. Ini ialah burung yang cemerlang dan beragam warna dengan bulu yang cerah. Rasa malu pada manusia menjadikan burung favorite untuk mereka yang suka melihati burung tapi tidak mau memegangnya. Burung finch ini benar-benar bergaul dengan burung semacamnya. Satu kelompok kecil burung imut ini jadi pajangan yang baik sekali di kandang besar.

Sepintas mengenai Breed

Nama Umum: Gouldian finch, Gould’s finch, rainbow finch, Lady Gouldian finch, painted finch
Nama Ilmiah: Erythrura gouldiae
Ukuran Dewasa: 5 sampai 6 inch
Keinginan Hidup: 6 sampai 8 tahun

Asal dan Riwayat

Burung pipit Gouldian berawal dari padang rumput Australia. Pakar burung Inggris John Gould memberikan nama burung itu “Lady Gouldian Finch” untuk istrinya Elizabeth di tahun 1841. Burung finch kecil yang cantik di-import ke Eropa enam tahun selanjutnya dan secara cepat jadi favorite di kelompok fans burung.

Keinginan yang tinggi untuk burung piaraan ini mengakibatkan meluasnya penangkapan dan export dari Australia sampai akhir 1960-an. Praktik-praktik ini benar-benar kurangi jumlah burung liar. Diprediksi jumlah burung di alam liar kurang dari 2.500.

Di tahun 1992, kutilang Gould dikelompokkan sebagai “hampir musnah di alam liar” oleh Persatuan Internasional untuk Pelestarian Alam dan Sumber Daya Alam. Sebagian besar sampel hewan piaraan saat ini dikembangbiakkan di penangkaran.

Perangai

https://suhukicau.com/ Kutilang Gouldian ialah burung sosial yang menyukai berhubungan dengan kutilang lain tapi tidak mentolerir pengatasan manusia. Walau mereka pintar, keengganan mereka untuk digenggam membuat mereka susah dilatih untuk menempati di jemari Anda. Tetapi, dari spesies finch, finch Gould adalah finch yang paling tenang, jadi dengan kesabaran yang cukup, Anda kemungkinan dapat membuat mereka bertandang ke Anda.

Walau inch tidak mengasihi manusia, mereka menghargakan kehadiran bersama kutilang lainnya. Mereka berkembang dalam hubungan sosial, dan yang terbaik ialah memiara kutilang Gouldian berpasangan atau dalam barisan kecil. Burung kutilang memiliki sifat monogami dan kawin seumur hidup.

Pidato dan Vokalisasi

Burung pipit Gouldian tidak menyanyikan beberapa lagu yang rumit. Mereka membuat suara lihat musik yang terus-terusan yang tidak mengusik A mengusik tetangga atau nda. Finch Gouldian ialah burung yang relatif pendiam dan vokalisasi kicauannya yang rendah membahagiakan di telinga. Kutilang Gouldian tidak dikenali untuk mengikuti perkataan manusia.

Warna dan Tanda Gouldian Finch

Kutilang Gouldian dapat disebut yang terindah dari keluarga finch. Baik jantan atau betina tampilkan bulu yang berkilau dengan warna biru, ungu, kuning, merah, hitam, dan hijau dengan beberapa macam. Burung jantan condong memperlihatkan warna yang lebih hidup dibanding betina — ini umum antara banyak spesies burung.

Biasanya, kutilang masuk di dalam kelompok berdasar warna kepalanya. Misalkan, mereka disebutkan berkepala hitam, berkepala merah, dan berkepala kuning, antara tipe lainnya. Macam warna kepala ini umum pada burung hasil penangkaran; di alam liar, sejumlah besar kutilang Gouldian mempunyai kepala hitam.

Menjaga Gouldian Finch

Kutilang Gouldian ialah opsi terkenal dalam keluarga dengan beberapa anak atau orangtua di dalam rumah, dan mereka yang tinggal di kondominium atau apartemen. Karena mereka berada didalam sangkar, cuman sedikit ada teror yang mencelakakan burung-burung yang ringkih ini.

Burung ini umumnya hidup di kandang burung kecil dengan spesies finch yang lain, khususnya kutilang kutilang zebra dan warga. Kutilang Gouldian terlihat senang di kandang burung dengan tanaman hidup.

Keseluruhannya, kutilang Gouldian ialah burung yang cukup peka yang kemungkinan bukan opsi terbaik untuk pemilik burung pertama kali. Mereka gampang depresi dan rawan pada penyakit. Finch Gouldian rawan pada dingin dan memerlukan temperatur di antara 70 sampai 75 derajat Fahrenheit.

Permasalahan Kesehatan Umum

Kutilang goulder rawan pada infeksi kantung udara, terlebih bila mereka stres. Mereka rawan pada muka bersisik, yang disebabkan karena tungau yang serang kulit di seputar paruh, kaki, dan mata. Tiap infeksi membutuhkan perhatian selekasnya dari dokter hewan unggas yang berpengalaman. Bila kutilang Anda meningkatkan kuku atau paruh yang tumbuh terlampau tinggi, cari kontribusi juru rawat dokter hewan atau burung.

Diet dan Gizi

Di alam liar, kutilang Gouldian mengonsumsi benih serangga dan rumput. Di penangkaran, kutilang Gouldian terlihat paling bagus di dalam diet memiliki bahan dasar biji atau pelet yang diperlengkapi dengan buah-buahan dan sayur fresh tiap hari.

Berikan mereka makan pagi-pagi sekali, dan coba kembali saat senja. Buah dan sayur harus jadi minimal 1/2 dari makanan yang ditawari untuk burung finch Anda. Mereka makan sampai 35 % dari berat tubuh mereka tiap hari.

Sayur dan buah keras seperti wortel, labu, dan pir mentah harus diparut lembut atau dicincang. Sayur dapat didiamkan utuh atau dipotong-potong. Sayur dandelion ialah favorite burung kutilang. Makanan fresh apa saja yang Anda taruh di kandang Amazon harus dibawa pergi saat waktu makan selesai.

Siapkan tulang sotong dalam kandang untuk menambahkan kalsium. Burung memakai tulang sotong untuk jaga kukunya dan paruh.