Mengenal Yoga dan Berbagai Manfaatnya Untuk Wanita

 

Yoga adalah olahraga tubuh dan juga pikiran (penyatuan) yang fokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan untuk peningkatan kesehatan mental dan fisik. Olahraga ini berasal berasal dari India dah sudah dipraktikkan sejak lama sehinga telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi baru.

Berikut beberapa manaat Yoga Untuk Wanita.

MENGENAL YOGA DAN MANFAATNYA UNTUK WANITA

 

  1. Awet Muda

Dalam buku Mitos dan Fakta Olahraga & Yoga, ada tiga asana (olahpostur) yang mampu melawan proses penuaan dan membuat anda menjadi awet muda dengan yoga. Namun, dengn syarat anda harus melakukan pose tersebut dengan benar. Salah satu olahposturnya bernama Sirsasana.

Pose ini adalah pose yng paling penting saat asana yoga, tahukah kamu apa hubungannya posisi ini dengan penuaan atau awet muda? Sirsasana dapat memberi suplai darah segar yang kaya oksigen ke dalam otak. Menurut ahli yoga, otak yang sehat bisa membuat seluruh fungsi tubuh terjaga dengan baik. Manfaatnya tidak hanya baik bagi fisik saja, tetapi juga psikis.

Ternyata pose ini juga baik untuk wajah. karena, pose ini dapat membuat otot wajah mendapatkan sensasi dari gravitasi, sehingga tidak mudah mengendur. Menurut  ahli yoga, sebaiknya melakukan pose ini minimal 5-10 menit per hari.

  1. Merilekskan Tubuh

Biasanya olahraga juga diiringi musik dengan bertempo lambat yang membuat pikiran semakin tenang dan tubuh menjadi rileks.Selain itu, gerakan-gerakan yoga yang bersifat meregangkan otot-otot. Jadi, gabungan dari dua hal itulah yang dapat merilekskan tubuh dan pikiran anda.

Baca Juga Elterra Water Heater

  1. Menjaga dan Memperbaiki Postur Tubuh

Sebagian besar gerakan yoga melibatkan kekuatan otot yang membuat otot jauh lebih aktif. Jika rutin berlatih, otomatis postur tubuh anda akan tebentuk lebih ideal dengan sendirinya. postur tubuh yang bagus dapat meningkatkan rasa percaya diri wanita.

  1. Menjaga Kualitas Tidur

Setelah melakukan yoga,otot otot yang tadinya kaku akan perlahan meregang. Peregangan tersebutlah yang membuat tubuh anda akan menjadi lebih rileks untuk beristirahat dan membuat kualitas tidur anda menjadi lebih baik, Tak hanya itu, pikiran yang tenang setelah berolahraga yoga juga akan memperbaiki kualitas tidur anda di malam hari, apalagi bagi anda yang sering mengalami kesulitan tidur tentunya akan sangat membantu.

  1. Mengurangi resiko menopause dan betat badan berlbih
  • Meringankan gejala menopause.
  • Meningkatkan kebugaran dan fleksibilitas.
  • Turunkan tekanan darah dan detak jantung.
  • Membuat rileks.
  • Meningkatkan kepercayaan diri.
  • Mengurangi stres.
  • Meningkatkan konsentrasi.
  • Meningkatkan kualitas tidur.
  • Membantu sistem pencernaan tetap terjaga.
  • Membatu mengatasi kegelisahan, sakit punggung, dan depresi.
  • Meringankan gejala menopause.
  • Membantu mengatasi gejala penyakit kronis.
  • Membantu menurunkan berat badan.
  1. Meningkatka system imun

Di tengah pandemi Covid-19 ini, meningkatkan sistem imun sangatlah penting untuk mencegah penularan virus corona. Merutinkan yoga setiap hari bisa meningkatkan sistem imun, menurut guru yoga dan nutrisionis Katie Boyd. “Mekanisme ini yang menyebabkan respons stres dan inflamasi yang secara dramatis menurunkan sistem imun,” jelas Katie.

Gerakan yoga bekerja lebih dalam pada sistem saraf parasimpatetik yang membantu kita istirahat dan mencerna makanan, dan bekerja lebih ringan dalam sistem saraf simpatetik yang mengaktifkan mekanisme respons lawan atau kabur.

Baca Juga Handal Water Heater

  1. Memperbaiki focus

Beberapa gerakan yoga asana membutuhkan pengembangan diri dan loyalitas. Rutin melakukan latihan yoga asana bisa memberi Anda fokus tingkat tinggi dan dedikasi pada area lain dalam hidup Anda karena Anda melatih pikiran untuk meraih tujuan.

  1. Mengurangi rasa cemas

Berlatih yoga setiap hari dapat menurunkan rasa cemas karena Anda tetap fokus pada masa sekarang dan tidak mengkhawatirkan apa yang akan terjadi nantinya, menjauhkan Anda dari bahaya overthinking.

  1. Jantung lebih sehat

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia dan juga salah satu faktor risiko dari virus corona Covid-19. berlatih yoga yang dapat menenangkan arteri dan membantu menurunkan tekanan darah.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa melakukan yoga secara rutin dapat menurunkan tekanan darah selama dua hingga tiga bulan.

Tidak hanya kesehatan fisik, yoga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental, seperti meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik serta membantu mengelola gejala kecemasan, stres, dan depresi.