Mengenal Jenis Burung Java Finch

Burung java finch ini yang mempunyai ukuran badan kecil, cantik, dan tenang, burung finch Jawa yang menggemaskan sudah jadi trendy sebagai burung sangkar dan kandang burung sepanjang bertahun-tahun. Burung-burung ini memerlukan pendekatan “terlepas tangan” untuk pemilikan burung, itu penyebabnya mereka ialah opsi yang baik untuk pemilik burung muda dan tua yang inginkan burung yang gampang dirawat.

Manuver penerbangan mereka yang menawan dalam kandang dan nyanyian yang menentramkan menolong tempatkan mereka antara burung kecil yang paling memikat buat dilihat dan dipiara.

Tetapi, Anda kemungkinan memerlukan dua atau tiga; mereka memerlukan burung finch lain untuk temani mereka. Dan, check undang-undang di tempat Anda karena beberapa negara sisi larang pemilikan burung ini.

Asal dan Riwayat

Sesuai namanya, burung kutilang jawa datang dari beberapa pulau di Indonesia, diantaranya Jawa, Bali, dan Bawean. Mereka dapat diketemukan di Sri Lanka, Hawaii, Jamaika, dan Puerto Riko. Di Jawa, burung kutilang ini terhitung spesies yang rentan.

Finch Asiatic ini umumnya hidup dalam temanan besar di padang sabana dan rumput. Burung-burung mendapati cinta untuk kebun yang diperbudidayakan, khususnya yang menanam padi. Di beberapa pulau aslinya, beberapa petani memandang burung itu sebagai hama. Burung-burung itu dilarang di sejumlah wilayah di mana mereka bukan asli. Bila komunitas liar ada, mereka sebagai teror untuk pertanian lokal.

Perangai

Burung https://pleci.id/ kutilang Jawa kecil, burung sosial tapi sering terlampau pemalu untuk hubungan langsung dengan manusia. Banyak pemilik hewan piaraan sudah memberikan laporan kesuksesan dalam merajut ikatan dengan burung finch mereka.

harga-burung-java-finch

Umumnya, mereka berkembang biak berpasangan atau temanan kecil diletakkan dalam kandang penerbangan. Burung-burung ini jangan jadi hewan piaraan tunggal. Dalam umumnya kasus, mereka bisa menjadi stres tanpa burung finch lain untuk temani mereka.

Selain itu, burung ini pendiam, tidak agresif, dan pasif. Mereka bisa hidup dengan spesies kutilang lain, baik besar atau kecil, tanpa masalah. Sepasang Javas menjadi tambahan yang baik untuk aviary yang beragam. Salah satu saat mereka memperlihatkan invasi umumnya di antara dua lelaki Jawa, serta itu minimal.

Pidato dan Vokalisasi

Burung finch Java mempunyai vokalisasi yang paling menentramkan dengan lagu chip-chip-chip yang khas. Lelaki menghakimi wanita dengan beberapa lagu yang mengikutkan suara click terkoordinasi dengan paruh mereka yang serupa dengan gendang. Sikap ini serupa dengan bagaimana manusia membuat beatbox atau bertepuk tangan bersama dengan sebuah lagu.

Warna dan Pertanda Java Finch

Warna alami burung kutilang jawa mencakup punggung abu-abu dan bulu-bulu ekor hitam dan kepala. Mereka mempunyai payudara dan perut warna kayu manis keabu-abuan dan bintik putih besar di pipi mereka. Sebagian orang menjelaskan mereka mengingati mereka pada penguin kecil.

Keunikan lain dari burung kutilang jawa ialah cincin oranye tipis disekitaran mata mereka. Mereka mempunyai paruh oranye kemerahan ceria dan kulit oranye ceria di kaki mereka dan kaki.

Baik jantan atau betina dari spesies ini memperlihatkan warna yang serupa pada bulu-bulu mereka. Ada cara-cara untuk membandingkan tipe kelamin, walau tidak gampang tanpa perbedaan bersebelahan. Misalkan, jantan mempunyai mata yang lebih gelap dan paruh yang sedikit lebar dan pijakl yang membesar pada bagian atas sepanjang musim kawin.

Langkah terbaik untuk bercinta dengan kutilang ini dengan menyaksikan burung yang mana bernyanyi. Sementara betina panggil, cuman jantan yang bernyanyi. Kemungkinan perlu waktu yang lama untuk jantan untuk menyanyi, walau beberapa birders menjelaskan jika sesudah satu minggu isolasi, mayoritas akan melakukannya. Membandingkan dari mereka bisa saja susah bila Anda memiara satu kelompok kutilang, tapi Anda dapat melakukan dengan perhatian dan ikatan yang cermat.

Beragam perubahan warna pada burung kutilang jawa terjadi dalam perdagangan hewan piaraan. Ini terhitung javas pied, javas batu akik, javas berkepala hitam, javas kayu manis atau coklat kekuningan, javas cream, javas perak gelap dan perak javas putih, dan muda.

Menjaga Burung Finch Jawa

Karena ukuran yang singkat, kutilang ini sudah jadi burung piaraan yang paling terkenal dari mereka yang mempunyai ruangan terbatas dan tidak bisa memuat spesies burung yang lebih besar. Bila Anda berpikiran untuk adopsi burung pipit Jawa, karena itu Sebaiknya anda menyiapkan diri untuk terima minimal tiga atau dua.

Kandang yang diperlukan untuk burung kutilang harus lumayan besar untuk memungkinkannya penerbangan dan akan bervariatif berdasar seberapa banyak burung yang Anda memutuskan untuk dipiara.

Biasanya, kandang burung dengan tinggi sekitaran 7 kaki akan ideal. Tetapi, bila Anda tidak bisa memuat kandang burung, Anda membutuhkan sangkar dengan lebar minimum 18 inch kali panjang 30 inch dan tinggi minimum 18 inch dalam jarak tangkai 1/4 inch sampai 1/2 inci.

Kotak bersarang tidak dibutuhkan terkecuali Anda ingin mengembangbiakkan burung. Siapkan banyak tempat menempati, tangga, ayunan, dan mainan untuk membikin mereka senang. Mereka nikmati mandi, jadi sepiring air untuk maksud ini akan dipandang.

Burung kutilang jawa ialah peternak yang produktif dan akan melakukan selama setahun terkecuali saat cuaca terlampau terlampau dingin atau panas. Bila Anda ingin memiara kandang burung non-breeding, langkah terbaik ialah memperoleh pasangan sama-sama tipe.

Sebagai alternative, singkirkan kotak bersarang atau telur yang ditempatkan. Untuk pastikan betina Anda tidak mencelakakan kesehatannya dengan terus bertelur untuk gantikan telurnya yang “lenyap”, tanam telur palsu sebagai umpan.

Saat sebelum masukkan burung baru ke kandang Anda, yang terbaik ialah mengkarantina burung Anda sepanjang enam minggu dan memperhatikan apa burung baru Anda memperlihatkan pertanda kesehatan yang buruk.

Makanan Yang Dicintai Oleh Burung Finch

Walau burung-burung ini jadi populer karena makan nasi di alam liar, makanan teratur mereka umumnya terbagi dalam beberapa bijian dan buah-buahan. Di penangkaran, kutilang jawa harus dikasih makan kombinasi benih yang berkualitas tinggi dan baik.

Berikan makan burung finch Anda satu sampai dua sendok teh kombinasi biji finch berkualitas baik tiap hari dan pasarkan satu sendok teh makanan pelet yang diformulasi secara khusus.

Beberapa pemilik burung kutilang memberikan laporan kesuksesan memberikan mereka makan kombinasi yang diformulasi parkit dibanding makanan burung kutilang. Burung kutilang akan ambil biji yang tidak mereka harapkan dan tinggalkan banyak kotoran, menjadi penting untuk sesuaikan makanan dengan yang akan mereka makan.

Tambah kombinasi biji dan pelet mereka dengan kacang-kacangan, beberapa bijian, dan buah-buahan dan sayur yang dicincang lembut dan aman untuk burung. Burung Anda akan nikmati telur yang dihancurkan atau cangkang tiram, yang sediakan kalsium ekstra. Banyak orang jawa tidak menyenangi sotong.