Mengenal Apa Itu SEO dan Seberapa Pentingnya Untuk Website

Saat Anda mencari kata kunci tertentu di mesin pencari Google, daftar situs web yang relevan dengan kata kunci yang Anda tulis akan ditampilkan. Semakin tinggi peringkatnya, semakin relevan untuk kata kunci yang Anda cari. Google menampilkan hasil pencarian di halaman pertama pencarian. Jumlahnya bervariasi.

Secara umum, ada 6 hingga 10 situs web tergantung pada kata kunci yang Anda tulis dan jumlah iklan. Jadi itu semua tergantung dari optimasi SEO di website tersebut. Semakin baik, semakin baik rangking di SERP (Search Engine Result Page).

Tidak hanya mesin pencari Google memberi peringkat situs web secara acak, tetapi ada juga banyak faktor SEO yang memengaruhi bagaimana peringkat situs web di halaman mesin pencari. Sebelum melanjutkan ke pembahasan Search Engine Optimization (SEO), penting untuk memahami apa itu SEO dan bagaimana itu lengkap.

Apa itu SEO

Optimisasi mesin pencari adalah upaya untuk mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan peringkat mesin pencari teratas. Ketika Anda mendapatkan peringkat mesin pencari teratas, Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas situs web sehingga situs web Anda dikenal.

Selain itu dengan SEO anda akan mendapatkan trafik website sesuai dengan tujuan website yang sedang dibangun. Jadi jika Anda memiliki banyak lalu lintas yang ditargetkan, yang dapat Anda lakukan hanyalah menggunakannya untuk berbagi informasi, branding, membangun kepercayaan, menjual, dan metode lain untuk menghasilkan uang.

Dalam hal ini, mesin pencari menggunakan algoritma Google tertentu untuk menentukan peringkat situs web. Algoritma Google juga diperbarui setiap hari. Dengan menerapkan optimasi mesin pencari yang baik dan benar, Anda perlu beradaptasi dengan algoritma google terbaru agar Anda dapat dengan mudah mendapatkan peringkat pertama.

Sejarah Optimasi Mesin Pencari

Dulu, SEO pertama kali muncul di Usenet pada 26 Juli 1997 melalui pesan spam. Pada saat itu, algoritme mesin telusur tidak serumit sekarang, sehingga mudah dimanipulasi.

Pendiri Search Engine Land Danny Sullivan mengatakan bahwa di masa lalu, algoritma mesin pencari mengandalkan tag meta dan kode HTML yang digunakan di situs web tersebut untuk menentukan peringkat situs web. Tag meta berisi informasi pada halaman web dengan kata kunci tertentu. Saat itu banyak pemilik website yang curang dengan memasukkan kata kunci yang salah sehingga hasil pencarian di SERP tidak sesuai dengan hasil pencarian pengguna.

Hal ini menjadi perhatian mesin pencari untuk melakukan sejumlah update pada algoritma pencarian agar hasilnya nampak relevan dan berkualitas tinggi. Dua mahasiswa pascasarjana ilmu komputer Universitas Stamford, Larry Page dan Sergey Brin, memecahkan masalah dengan algoritme mesin telusur dengan membangun Backrub.

Backrub adalah mesin pencari sederhana yang menggunakan perhitungan matematis yang disebut PageRank untuk menentukan peringkat halaman web. Inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Google hingga sekarang.

Jenis SEO

Ada dua jenis SEO dalam SEO, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Keduanya sama pentingnya dan terkait satu sama lain. Pada pembahasan sebelumnya tentang perbedaan SEO dan SEM, SEO On Page ibarat sayur-sayuran dan Off Page ibarat garam, keduanya saling melengkapi. Berikut pembahasan lengkap tentang SEO:

1. SEO On Page

SEO On Page adalah langkah-langkah pengoptimalan situs web yang dilakukan di situs web Anda sendiri. Inti dari SEO On Page adalah kualitas konten, bukan jumlah kata kunci pada halaman.

2. SEO Off Page

SEO Off Page merupakan salah satu teknik pengoptimalan website dari luar website. Betapa mudahnya Anda menautkan ke situs web Anda dari situs web lain. Dengan begitu banyak tautan masuk, Google akan menemukan situs web Anda berguna.

Namun harus diingat bahwa inbound link haruslah natural dan bukan link yang sengaja dibuat untuk mengoptimalkan website. Google juga tidak mengevaluasi jumlah link / link yang masuk, tetapi kualitas link tersebut.

Apakah Anda sedang membutuhkan Jasa SEO dan berlokasi di Bandung? Kami menyediakan untuk jasa seo bandung dan sekitarnya dengan harga special.

Source: https://prima-desain.com/jasa-seo-bandung.