Material Dasar Pembuatan Fiberglass

Material Dasar Pembuatan Fiberglass

  • Erosil

Bahan ini berupa bubuk benar-benar lembut seperti bedak bayiberwarna putih. Berperan sebagai perekat matagar fiberglass menjadikuat dan tidak gampang patah/pecah.

  • Resin

Bahan ini berbentuk cairan kental seperti lem, berkelir hitam atau bening.Berperan untuk mencairkan seluruh bahan yang bakal digabung. Resin memiliki beberapa type dari yang kotor, warna sampai yang bening dengan bermacam keunggulannya seperti kekerasan, lentur, kemampuan dan sebagainya. Disamping itu harganya-pun bervariatif.

  • Katalis

Katalis berupa cairan jernih dengan berbau menusuk. Perannya sebagai katalisator supaya resin bisa lebih cepat mengeras. Tambahan katalis ini lumayan sedikit saja bergantung pada tipe resin yang dipakai. Disamping itu usia resin memengaruhi jumlah katalis yang dipakai.

Maknanya resin yang telah lama dan mengental akan memerlukan katalis semakin sedikit jika dibanding dengan resin baru yang encer. Zat kimia ini umumnya dipasarkan bertepatan dengan resin. Perbandingannya ialah resin 1 ltr dan katalisnya 1/40 liter.

  • Pigment

Pigment ialah zat bahan warna saat bahan fiberglass digabung. Penyeleksian warna disamakan dengan hasrat pembikinnya. Biasanya penyeleksian warna untuk memudahkan proses akhir saat pengecatan.

  • Mat

Bahan ini berbentuk anyaman serupa kain dan terbagi dalam beberapa mode, dari mode anyaman lembut s/d anyaman yang kasar atau besar dan jarang. Berperan sebagai lapisan kombinasi/adonan dasar fiberglass, hingga saat elemen kimia itu bersenyawa dan mengeras, mat berperan sebagai pengikatnya. Mengakibatkan fiberglass jadi kuat dan tidak getas.

  • Talk

Sesuai namanya, bahan ini berbentuk bubuk warna putih seperti sagu. Berperan sebagai kombinasi adonan fiberglass supaya keras dan cukup lentur.

  • Aseton

Biasanya cairan ini warna bening, perannya untuk mencairkan resin. Zat ini dipakai jika resin terlampau kental yang bakal menyebabkan pembangunan fiberglass jadi susah dan lama keringnya.

  • Cobalt

Cairan kimia ini warna kebiru-biruan berperan sebagai bahan aktif pencampur katalis supaya cepat kering, khususnya jika kualitas katalisnya buruk dan terlampau encer. Bahan ini digolongkan sebagai penyempurna, karena tidak seluruhnya bengkel memakainya. Ini bergantung pada keperluan pembikin dan kualitas resin yang dipakainya. Perbandingannya ialah 1 tetes cobalt digabung dengan 3 ltr katalis. Jika perbedaan cobalt kebanyakan, bisa memunculkan api.

  • PVA

Bahan ini berbentuk cairan kimia berkelir biru seperti spiritus. Berperan untuk melapisi di antara master mal/cetakan dengan bahan fibreglass. Maksudnya ialah supaya ke-2 bahan itu tidak sama-sama melekat, hingga fiberglass hasil cetakan bisa dilepaskan dengan gampang dari master mal atau cetakannya.

  • Mirror

Seperti namanya, faedahnya hampir serupa dengan PVA, yakni memunculkan dampak licin. Bahan ini berbentuk pasta dan memiliki warna berbagai macam. Jika PVA dan mirror tidak ada, perajin/pembikin fiberglass bisa manfaatkan cairan pencuci lantai yang dipasarkan bebas di mall/ toserba.

  • Dempul

Sesudah hasil cetakan tercipta dan dilaksanakan pengamplasan, permukaan yang tidak rata dan berpori-poriperlu dilaksanakan pendempulan.Maksudnya supaya permukaan fiberglass hasil cetakan jadi lebih lembut dan rata hingga siap dilaksanakan pengecatan.

Baca Juga :

Kegunaan dan Pengertian Bahan Fiberglass

Pengertian Resin dan Katalis Untuk Fiberglass