Manfaat Pipa PVC

Anda membutuhkan gate valve ataupun flange pipa dengan harga murah? Dapatkan segera berkualitas terbaik, silahkan kunjungi tautan tersebut.

Berbicara tentang bahan bangunan, Anda tidak bisa melupakan keberadaan pipa PVC. Pipa PVC ini terbuat dari bahan baku polyvinyl chloride dan biasanya digunakan untuk mengalirkan air dalam sebuah gedung. Pipa ini banyak diminati oleh masyarakat karena murah dan mudah dalam pemasangannya.

Sobat Kania penasaran dengan keunggulan pipa PVC ini. Jika demikian, jelaskan saja prediksi dan harga singkat di pasar berikut!

1. Pipa PVC untuk mengalirkan air untuk keperluan sanitasi

Kebutuhan fasilitas MCK di rumah harus sejalan dengan ketersediaan air bersih. Air bersih tidak hanya terlihat jernih, tetapi juga bebas dari bahan kimia berbahaya.

Pipa PVC tidak mengandung zat atau bahan kimia berbahaya yang dapat bereaksi saat terkena zat lain. Dengan begitu, air yang dibuang ke dalam rumah tetap bersih dan aman digunakan. Baik untuk mandi, memasak atau mencuci.

2. Pipa PVC untuk saluran pembuangan

Pipa PVC tidak hanya mengalir ke air bersih, tapi juga berguna sebagai saluran air. Limbah tersebut adalah air hujan dan kotoran yang mengarah ke septic tank. Ini juga dapat digunakan untuk air limbah lainnya selama ada gravitasi. Biasanya jenis pipa PVC yang cocok untuk keperluan ini adalah pipa PVC-D / VU.

3. Pipa PVC untuk meluruskan kabel

Selain untuk menguras air, pipa PVC juga bisa digunakan untuk merapikan kabel listrik yang tersembunyi di dalam atau di luar tembok. Hal ini membuat rumah tampil lebih rapi dan aman karena kabel tidak berserakan dimana-mana.

4. Pipa PVC tidak terbakar

Manfaat lain menggunakan pipa PVC adalah pengurangan api. Bahan baku pipa PVC tidak memiliki sifat penghambat api, sehingga jika terjadi percikan api atau kebakaran, api tidak dapat dengan mudah menyebar ke bagian lain. Umumnya api berhenti di pipa. Bisa dibilang pipa ini cukup aman untuk mencegah terjadinya kebakaran rumah.

5. Pipa PVC memiliki permukaan yang halus

Dengan permukaan yang licin, pipa PVC bisa menawarkan keunggulan tersendiri bagi penggunanya. Ini termasuk laju aliran air yang lebih stabil dan permukaan yang tidak mudah terjepit oleh benda kecil yang ujungnya tajam.

Itu juga membuat bagian dalam pipa PVC lebih bersih karena kotoran tidak menumpuk. Karena itu, pipa PVC tahan lama dan tidak perlu sering dibersihkan.