Manfaat Anggur Untuk Kesehatan

Buah anggur selalu disebut sebagai buah kerajaan. Di Yunani kuno, buah bulat manis ini sering disajikan kepada bangsawan dan raja. Nah, jika dikenal sebagai buah yang mewah, kini buah tersebut sudah bisa dibeli di pasaran dengan harga yang cukup murah.

Selain itu, manfaat kesehatan anggur adalah karena fitonutrien dan antioksidannya. Konsumsi buah ini secara teratur terbukti baik untuk menjaga kecantikan dan kesehatan secara umum. Berikut adalah beberapa manfaat anggur yang mungkin tidak Anda sadari.

Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan jantung

Anggur mengandung flavonoid yang disebut rutin. Dalam keadaan tertentu darah di tubuh Anda bisa menggumpal. Rutinitas dalam buah anggur ini memiliki kemampuan untuk memperlambat laju pembekuan darah melalui penghambatan. Dengan demikian, manfaat buah anggur dengan kandungan rutin ini juga dapat menurunkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke.

Mencegah kanker

Kanker adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Berbagai penelitian sukses menunjukkan bahwa resveratrol, sejenis antioksidan yang ditemukan dalam anggur, dapat membantu mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh. Kandungan resveratrol pada buah ini dapat memperlambat perkembangan sel tumor dan kanker.

Terutama yang tumbuh di dada, perut, hati, dan kelenjar getah bening. Tidak berhenti sampai disitu, kandungan resveratol pada buah ini juga baik untuk melindungi dari sengatan matahari dari radiasi seperti sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB). Paparan radiasi dapat menyebabkan kanker kulit.

Mencegah penuaan dini

Selain resveratol, anggur kaya akan antioksidan lain seperti quaercetin dan rutinitas. Ketiga antioksidan ini berguna untuk mengatasi radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas diketahui dapat merusak sel, protein, DNA, dan ketidakseimbangan dalam tubuh. Gejala berupa kulit keriput, rambut beruban, atau keropos tulang.

Jaga kesehatan otak Anda

Manfaat buah anggur bagi kesehatan juga bisa dirasakan oleh otak Anda. Resveratrol dalam buah-buahan dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Otak membutuhkan darah sebagai sumber oksigen dan nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa Revestratrol dapat membantu memperkuat daya ingat manusia.

Membantu Anda menurunkan berat badan

Anggur merah adalah camilan diet yang enak saat mencoba mencapai berat badan ideal Anda. Ini mengandung 69 kalori per 100 gram buah lezat ini.

Selain itu, anggur mengandung antioksidan resveratrol yang tinggi, yang melawan efek radikal bebas dalam tubuh. Tetap saja, pastikan kita makan buah ini secukupnya. Lebih baik lagi, seimbangkan asupan makanan Anda dengan banyak buah-buahan lainnya.

Meredakan alergi

Manfaat anggur ini juga dapat membantu melawan peradangan pada tubuh. Anggur memiliki sifat anti-inflamasi dan antihistamin. Peradangan itu sendiri merupakan respon tubuh terhadap bahaya seperti stres, infeksi bakteri dan virus, serta bahan kimia beracun.

Mengonsumsi buah ini dapat mengurangi peradangan, baik itu akibat radang sendi, radang gusi, radang usus besar, radang kulit, atau radang jantung (miokarditis). Sifat antihistamin pada buah ini juga dapat membantu meredakan alergi.

Menurunkan kadar kolesterol

Anggur merah bisa menjadi cara alami untuk menurunkan kolesterol dan kadar trigliserida tinggi berkat resveratrol dan saponin yang dikandungnya. Kedua zat tersebut dapat mengais kelebihan kolesterol pada hewan sebelum diserap ke dalam darah. Dengan cara ini, kadar kolesterol Anda akan tetap seimbang.

Kadar kolesterol yang seimbang dapat menyelamatkan kita dari penyakit seperti obesitas dan penyakit jantung. Satu studi menemukan bahwa resveratrol tidak hanya membantu menurunkan kolesterol, tetapi juga menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah anggur juga baik untuk mata Anda. Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting untuk kesehatan mata Anda. Kedua antioksidan ini dapat membantu menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya dari perangkat Anda dan membantu melindungi sel-sel mata Anda.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa itu dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti katarak dan degenerasi makula pada lansia. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk meyakinkan anggur yang satu ini.

Periksa gula darah Anda

Jika ingin mengontrol kadar gula darah, tambahkan buah ini ke menu harian Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa ini dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes. Keunggulan wine ini pada gilirannya didasarkan pada kandungan resveratol yang dikandungnya.

Baca artikel menarik lainnya di terakurat, dengan url resminya hanya di https://terakurat.com, yuk teman-teman bisa membacanya disana.