Ini Beda Robusta Dan Arabica Yang Penting Diketahui

Ini Beda Robusta Dan Arabica Yang Penting Diketahui

Menyeruput kopi adalah kegiatan yang menyenangkan bagi pecinta kopi. Banyang orang yang percaya bahwa kopi bisa meredakan segala bentuk stes. Bahkan tak hanya orang-orang zaman sekarang, orang-orang zaman dahulu pun sudah banyak yang mempercayai kopi sebagai minuman harian. Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa di dunia kopi dikenal kopi robusta dan arabica yang sangat mendunia. Lalu apa beda robusta dan arabica dari segi morfologi dan fisiologi tanaman kopi, akan dipaparkan di bawah ini.

Zat-Zat Dalam Biji Kopi

Kopi merupakan tanaman yang masuk dalam kategori genus Caffea, familia Rubiaceae dan subfamili Ixoroideae. Kemudian kandungan zat kafein dalam kedu kopi memiliki kadar yang berbeda. Pada kopi robusta kafein kira-kira sebesar 2,7 %, sementara pada kopi arabica kafein berkadar sekitar 1,5 %. Perbedan inilah yang membuat kopi robusta memiliki rasa yang lebih pahit. Selain itu kadar gula pada kopi arabica lebih banyak 60 % dibandingkan dengan padakopi robusta. Hal inilah yang membuat kopi arabica memiliki rasa yang lebih manis.

Kopi berdasarkan kondiri geografis tumbuh di lima negara di dunia yang berasal dari Ethiopia, Benua Afrika bagian barat, tengah, dan timur serta Madagaskar.

Morfologi kopi robusta dan arabica memiliki daun yang berbeda. Pada robusta dain lebih tebal dan berwarna hijau cerah. Sementara kopi arabica memiliki daun yang kurus dan memanjang atau tebal dalam ilmu sistematika tumbuhan sering disebut dengan tipe daun lancet. Kemudian warna daun hijau pekat dan terdapat garis yang bergelombang semacam talang air.

Selanjutnya adalah ukuran buah. Pada kopi jenis robusta, ukuranya panjang kopi adalah sekitar 12-18 mm. Sedangkan pada robusta adalah sekitar 8-16 mm.

Apa Perbedaan Manfaat Kopi Robusta Dan Arabica

Kopi robusta memiliki efek yang cukup baik dalam pencegahan gigi berlubang. Hal ini karena di dalmnya terkandung kafein dan fenol yang terbukti bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi Lactobacillus acidophilus.  Sementara arabica dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat seseorang. Hal ini karena di dalam kopi arabica mengandung asam klorogenik (CGA) yang kadarnya lebih banyak dibandingkan pada robusta.

Secara umum, kopi merupakan tanaman yang dapat melakukan penyerbukan tanpa bantuan yang lain. keberhasilan pembungaan pada kopi dipengaruhi oleh iklim baik itu musim hujan atau musim kemarau. Namun, umumnya pembungaan terjadi setelah musim hujan. Pada kopi arabica, perubahan bunga kopi menjadi buah kopi berlangsung antara 7-10 bulan, sementara kopi robusta sekitar 9-12 bulan.

Demikian, mengenai beda robusta dan arabica dari segi manfaat, fisiologi, dan morfologi tanaman. Memang meskipun arabica dan robusta sama-sama satu genus Coffea tetaplah memiliki perbedaan yang mendasari nama penunjuk spesies yang berbeda.