Hal Menarik dan Kegiatan Rekreasi Di Pulau Salawati

Rekreasi Di Pulau Salawati ya Raja Ampat Papua memang menjadi satu diantara tempat rekreasi di Indonesia yang terkenal dengan panorama alamnya yang menarik. Jejeran beberapa pantai yang natural serta bersih jadi daya magnet tertentu untuk beberapa pelancong. Kepulauan Raja Ampat sendiri mempunyai beberapa pulau yang masing-masing simpan kekhasan dan kekuatan rekreasi, satu diantaranya Pulau Salawati.

Mayoritas daerah pulau ini dipenuhi oleh pohon sagu liar, situasinya yang tenang dan sunyi dan pantainya yang perawan membuat makin mengagumkan. Akses ke arah pulau ini masih sedikit susah dan ongkos yang diperlukan untuk dapat rekreasi di Pulau Salawati lumayan besar. Walau demikian, anda tidak sedih dan salah tentukan saat liburan di Pulau Salawati. Berikut ini ada informasi bagus yang dapat anda peroleh saat rekreasi di Pulau Salawati, apa sajakah? Langsung baca yok.

1. Pohon Sagu

Tidak saja pasir putih yang bersatu dengan jernihnya air laut saja yang bisa dicicipi, saat memutuskan untuk rekreasi di Pulau Salawati, pelancong bisa melihat pohon sagu yang tumbuh liar dan lebat. Harus dipahami, nyaris tiga per empat daerah Pulau Salawati sebagai rimba sagu yang paling lebat dan alami.

Pohon sagu itu tumbuh liar tanpa yang menanamnya, hingga siapa saja yang mendatanginya akan rasakan situasi alami dan asri. Menelusuri rimba sagu di teritori pulau ini dapat menjadi satu diantara kegiatan hebat yang dapat dilaksanakan di Pulau Salawati. Bahkan juga jika ada peluang, pelancong bisa juga mencicip sagu di situ loh. Ada beberapa pohon sagu di pulau ini menambahkan situasi asri dan berasa lebih sejuk, dan membuat makin unik dan berlainan bila dibanding dengan tempat rekreasi di Pulau Waigeo atau tempat rekreasi di Pulau Misool yang terletak bersisihan.

baca : 5 Tempat Kongkow di Graha Raya

2. Fauna Epidemik

Hal menarik yang lain yang dapat didapat saat rekreasi di Pulau Salawati yakni spesies ikan baru yang namanya ikan pelangi Salawati. Spesies ikan ini diketemukan melalui eksploitasi biodiversitas di teritori ecoregion Kepala Burung Papua. Pelancong dapat menyaksikannya di sungai Doktor yang ada sekitaran 64 km samping barat Kota Sorong.

Kekhasan dari ikan ini ialah warna kulitnya yang berwarna-warni. Ikan ini mempunyai tubuh yang dibalut dengan warna ungu di bagian punggunnya dan lembayung ungu pada ekor. Pada tutup insangnya ikan ini berwana emas dan noktah hijau, dan warna violet dengan noktak biru pada segi perut, dan pada segi tubuh sisi belakangnya mempunyai warna biru tua. Berwarna yang elok cukup menunjukkan kalah di teritori Papua Barat memang mempunyai bermacam tipe ikan dan biota laut yang lain yang langka.

3. Tenang Dan Sepi

Salawati adalah pulau di Raja Ampat yang jarang-jarang didatangi oleh pelancong, hingga benar-benar pas untuk didatangi saat anda ingin berlibur yang tenang dan melepas capek dan menjauhi keramaian kota. Bahkan juga, pulau perawan ini mempunyai kekayaan alam yang sanggup menarik lawatan beberapa periset dari beragam negara untuk bertandang dan pelajarinya.

Pasirnya yang putih terlihat kontras dengan pohon-pohonan hijau disekelilingnya, tetapi karena daerahnya yang tidak demikian luas cuman dua kapal motor saja yang bisa masuk teritori pulau ini. Selainnya nikmati kecantikan pantainya, pelancong dapat menyaksikan warisan Perang Dunia ke II.

baca juga : 10 Tempat Rekreasi Banyuwangi Paling Cantik dan Harus Didatangi

Di tempat ini ada bunker-bunker warisan Belanda dan Jepang sebagai saksi bisu perjuangan selama saat perang dahulu. Disamping itu, ada rekreasi budaya yang bisa dilihat yakni tarian tor yang diperlihatkan oleh masyrakat di tempat. Memang rekreasi budaya yang bersatu dengan rekreasi alam membuat siapa saja tidak pernah dapat menampiknya.

4. Kegiatan Rekreasi

Seperti tempat rekreasi di Papua yang lain, salah satunya kegiatan rekreasi di Pulau Salawati yang tidak dilewati ialah menyelam, sama seperti yang kita mengetahui jika Salawati terhitung ke Segitiga Terumbu Karang dengan macam dan tipe paling kaya di dunia. Type terumbu karang di teritori ini ialah terumbu karang pinggir, tetapi ada karang atol dan taka. Bahkan juga, karena jernih dan terjaganya perairan di teritori ini, pelancong juga bisa nikmati bentangan terumbu karang tanpa menyelam. Selainnya di perairan Pulau Salawati, masih tetap ada beberapa spot diving di Raja Ampat. Berikut daftarnya buat anda.

  • Magis Mountain, disebutkan dengan Shadow Reef yang berada di Misool dan ada di status nomor satu di Raja Ampat. Spot ini tawarkan bermacam tindakan dari biota laut, saat arus sedang masuk, segerombolan besar ikan akan ada seperti sebuah festival. Menariknya di spot ini pelancong bisa melihat pari manta yang elok dan sebagai salah satunya tempat rekreasi di Indonesia yang terbanyak dicari beberapa penyelam dunia.
  • Cross Wreck, spot diving satu ini ada di 300 km samping timur Kota Sorong. Ada bangkai kapal yang terbenam di dasar lautnya jadi daya magnet yang lain bisa dilihat oleh penyelam. Bangkai kapal yang ada di kedalaman 18 mtr. ini mempunyai wujud yang utuh dan jadi rumah untuk beberapa spesies ikan, satu diantaranya ikan singa.
    Pulau Fam, spot diving yang ini mempunyai tempat terumbu karang, sponges, dan soft coral dengan warna menonjol dan tentu saja cantik. Pada tempat ini juga pelancong bisa melihat kelinci laut yang sekeluarga dengan molusca.
  • Selat Dampier, tempat ini mempunyai Mike’s Poin sebagai unggulannya karena ada gua-gua yang bisa jadi spot menyelam. Dinding gua itu diciptkan oleh ledakan pada periode Perang Dunia II. Di sini pelancong yang menyelam bisa menyaksikan biota laut yang bermacam, sepertu sweet lips tropical carangidi yang disebut ikan besar seperti hiu. Ada pula taman terumbu karang yang dipenuhi dengan ikan-ikan kecil dan hiu karpet.
  • Chicken Reef, di sini beberapa penyelam dapat melihat keberagaman ikan-ikan kecil sampai hiu sebagai pemangsanya.
    Untuk dapat sampai di Pulau Salawati pelancong bisa mengawali perjalanan dari Bandar Udara Sorong yang diteruskan dengan seberang ke Raja Ampat lewat dermaga di kota itu. Dengan perjalanan laut sekitaran 2 jam, rasa capek tidak berasa karena ada panorama eksotik yang terhidang sepanjang perjalanan, seperti beberapa pulau karang kecil yang tidak memiliki penghuni. Bertandang dan lakukan aktivitas rekreasi di Pulau Salawati ini bisa memberinya pengalaman rekreasi alam yang susah untuk dilalaikan. Itu argumennya kenapa tempat ini harus didatangi saat anda mempunyai waktu dan peluang.

baca lagi : liburan murah pulau kelapa jakarta

Meskipun memang untuk mengawali perjalanan dari Jakarta akan memerlukan biaya dan waktu yang cukup banyak . Maka janganlah lupa untuk menabung dan lakukan penelitian lebih dulu saat sebelum pergi ke pulau menarik ini. Pilih fasilitas yang sesuai kantong bisa menjadi salah satunya langkah untuk mengirit pengeluaran. Sesudah memerhatikan hal menarik apa yang dapat anda peroleh saat rekreasi di Pulau Salawati, berikut ada banyak tujuan atau kegiatan rekreasi yang bisa anda datangi dan melakukan ketika berada waktu luang.