Throuble Shooting Gambar Bergelombang pada CCTV

Trouble Shooting memang kerap terjadi apalagi CCTV merupakan salah sat piranti elektronik yang cukup rawan terkena troubleshooting, ada banyak sekali trouble yang sangat mungkin terjadi pada CCTV, salah satu diantaranya adalah kualitas gambar yang keluar tidak sesuai atau biasanya tterdapat blur maupun gambar yang bergelombang.

Tentunya trouble ini merupkan salah satu masalahyang akan sangat mempengaruhi kinerja CCTV tersebut, apalagi seperti yang kita ketahui CCTV dipasang dengan tujuan untuk merekam aktivitas tertentu namun jika gambar yang ditampilkan bermasalah tentu akan menjadi sebuah masalah besar.

Bisa jadi saat rekaman tersebut dibutuhkan,justru malah gambar atau hasil rekaman tidakbisa digunakan karena bermasalah,namun tidak perlu khawatir karena hal ini dapat diatasi dengan mudah.

 

Berikut Cara Mengatasi Trouble Shooting Gambar Bergelombang pada CCTV

  1. Pindah Slot Kamera CCTV

Cara pertama yaitu dengan memindahkan slot kamera CCTV. Sangat umumbilaterdapat gangguan atau troubleshooting pada elektronik yang disebabkan oleh tempat kabel. Samahalnya dengan CCTV , kita juga dapat mengatasi gangguan gambar bergelombang dengan memindahkan beberapa slot untuk mengatasi CCTV bergelombang.

  1. Cek sambugan Kabel

Jika dengan memindah slot kamera CCTV masih belum juga dapat teratasi, maka kita dapat mengecek sambungan kabel yang ada. Pastikan juga kita mengecek kondisi kabel yang terpasang,terutama pada letak sambunan kabel. Bisa juga gangguan terjadi karena beberapa factor yang kadang terjadi dibagian jack DVR.

Baca Juga CCTV Cilacap

  1. Mengatur koneksi CCTV

Cara selanjutnya adalah dengan mengartur koneksi CCTV tersebut. Bila CCTV bergelombang tetapterjadi maka kita dapat melakukan tips yang ketiga, dengan mengubah atau memperbaiki pengaturan koneksi CCTV jarak pendek dengan ukuran kabel berjenis Coaxial dengan panjang  kurang lebih 1 meter. Tujuannya adalah untukmemastikan permasalahan CCTV bergelombang disebabkan oleh sinyal atau jack yang tersambung.

  1. Kualitas CCTV

Kualitas CCTV juga dapat sangat berpengaruh loh, dan hal ini justru kerap dilupakan oleh penguna CCTV. Padahal bisa saja masalah terjadi karena kualitas perangkat yang ternyata sudah mulai rusak atau mengalami gangguan yang ternyata dapat menjadi masalah utama yang dapat dialami CCTV kita.

Namun segala masalah pasti memiliki soluasi, begitu juga masalah yang mungkin terjadipada CCTV tentunya kita juga dapat mengatasi halini agar CCTV dapat kembali beroperasi dengan normal.

Throuble Shooting Gambar Bergelombang pada CCTV

Baca Juga eberapa Hal yang dapa dilakukan untuk mengatasi trouble shoting atau gangguan gambar bergelombang pada CCTV dibawah ini

  1. Jaga Kebersihan CCTV

Halyang paling penting adallah dengan menjaga kebersihan dari perangkat iu sendiri, karena CCTV bisa saja terpasang diluar ruangan atau outdoor maupun didalam ruangan (indoor) hal ini justru membuat Kebersihan CCTV menjadi tidak terjaga, mudah terkena debu, bahkan air hujan untuk kamera outdoor juga dapat menyebabkan CCTV mengalami gangguan, makadari itu kita perlu melakukan pembersihan sesekali atau beberapa bulan sekali untuk selalumemastikan bahwa CCTV dalam keadaan bersih, dengan membersihkan  DVR , Drive Unit , Monitor,Housing hingga Lensa kamera demi menjaga stabilitaskinerja dari CCTV yang dipasang.

  1. Cek Pengaturan Rekaman

Pastikan kita juga perlu mengatur rekaman, mulai dari jangka waktu perekaman hingga menyimpan hasil rekaman. Hal ini juga mempengaruhi ke optimalan dari kerja CCTV tersebut.

  1. Perhatikan seluruh komponen CCTV secara Berkala

Harus selalu memperhstiksn seluruh komponen CCTV yang digunakan, pastikan seluruh komponen bekerja dengan baik, seluruh rincian tentunya haruus terpasang dan berfungsi sempurna jangan sampai ada yang tertinggal atau mungkin tidak terhubung karena hal ini akan mempengaruhi  kinerja CCTV.

  1. Cek Keakuratan

Cek keakuratan rekaman dan jeda waktu, hingga indicator indicator lain pastikanhal ini benar benar sinkron  cek juga DVR untuk mengetahui rusak atau tidak.

  1. Backup semua rekaman

Jika kamera sudah penuh penyimanannya maka lakukan backup segera mungkin, sortirlah mana video rekaman yang penting hingga tidak boleh dilewatkan, dan dapat menghapus sisa video yang tidak atau bahkan kurang penting.

Itulah hal hal yang dapat dilakukan jika kita mengalami gangguan atau masalah atau throubleshoting pada cctv kita, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kemanan dan kenyamanan tempat tinggaldimanapun dan kapanpun kita berada.