Domba Garut Lampung dengan beberapa keunggulan – Metro Lampung

Domba Garut Lampung merupakan salah satu rujukan dari jenis domba yang banyak dibudidayakan di Lampung. Domba Garut memiliki nama ilmiah Ovis Aries yang merupakan hasil persilangan antara domba lokal jenis Capstaad, dan Merino. Di daerah asalnya, domba Garut lebih sering muncul dalam pertandingan atau aduan.

 

Ada banyak penelitian untuk mengetahui lebih banyak tentang jenis hewan tertentu. Sebagai gambaran adalah untuk mengetahui pertanyaan mengapa domba Garut merupakan jenis domba yang paling dikenal. Tidak hanya terkenal secara lokal dan nasional, tetapi terkenal di seluruh dunia.

 

Salah satu kajian tersebut hadir dalam format buku Asesoris dan Asesoris dan Asesoris Domba Garut yang diterbitkan melalui Unpad Press. Yang terungkap adalah domba Garut Lampung memiliki ciri-ciri yang tidak terlihat pada jenis hewan lainnya. Misalnya, bentuk telinga, bentuk ekor, dan penampilan kulit yang mengungkapkan keunikannya.

 

Membahas bidang ekonomi sebenarnya domba Garut sangat berkompeten dalam beternak industri peternakan. Banyak peternak yang sukses dan mampu bertahan menghadapi krisis ekonomi yang tidak menentu (seperti saat pandemi) dan hanya mengandalkan penjualan dari domba Garut.

 

Hal ini dibuktikan dengan pangsa pasar domba Garut yang dimilikinya. Alangkah baiknya jika beternak domba Garut bisa menjadi usaha primer atau sekunder bagi peternak. Dengan keturunan yang kuat genetik dapat meningkatkan perkembangan secara cepat dan signifikan.

 

Khasiat Domba Garut Lampung

Melihat kemungkinan beternak domba Garut yang terbuka untuk umum, salah satu aspek yang paling penting untuk dimulai adalah induknya. Gibas Barokah Farm menjual domba Garut di Lampung dengan kualitas genetik lokal yang terjamin. Seperti domba perah pada umumnya, domba Garut memiliki wilayah yang unik dan eksklusif.

 

Ini juga merupakan domba Garut paling mahal yang dilaporkan sejauh ini telah dibeli lebih dari 120 juta dolar. Dimiliki oleh seorang petani dari daerah yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Layaknya hewan aduan, salah satu faktor yang menentukan harganya adalah kelincahan mereka di arena pertarungan.

 

Unsur lainnya termasuk kelainan genetik seperti postur tubuh, bentuk rambut, dan perawatan yang diberikan oleh peternak itu sendiri. Jika domba-domba juara yang pensiun berhenti bertanding, tentu biaya untuk keturunannya kemungkinan besar. Karena akan mewarisi genetika terbaik dari breeder juara.

 

Lebih lengkapnya, berikut ini beberapa keunggulan domba Garut Lampung yang wajib Anda ketahui.

 

1. Memiliki Pangsa Pasar Yang Stabil

Permintaan domba Garut Lampung tidak pernah berkurang. Dengan demikian, peternak yang fokus pada budidaya Domba Garut memiliki peluang yang sangat luas untuk mengembangkannya. Bahkan, harga jual domba ini terus meningkat.

 

Dengan cara ini, beberapa peternak berani mengambil domba Garut dengan kualitas yang sangat unggul untuk menjadi peternak. Ini adalah sumber investasi jangka panjang untuk menciptakan dinasti breed domba berkualitas tinggi untuk dijual dengan biaya tinggi.

 

2. Apakah ia memiliki penggemarnya sendiri?

Ya, seperti domba pada umumnya, daging, susu, kulit, dan kotorannya digunakan. Khasiat domba Garut tidak berhenti sampai di situ. Domba Garut juga unggul sebagai juara kelincahan. dari kompetisi kelincahan.

 

Saat Anda melihat bentuk tanduk yang montok dan indah, Anda pasti akan mendapatkan tampilan yang elegan. Namun tanduk memiliki peran tersendiri, berfungsi sebagai senjata, seperti jalu yang berkaki ayam. Bentuk tanduk domba Garut lebih panjang, lebih panjang, dan lebih kuat dari tanduk yang terdapat pada domba varietas lain.

 

3. Memiliki Harga yang Fantastis

Domba Garut termahal dan terbesar bisa setara dengan harga mobil baru atau ratusan juta rupiah per orang. Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, potensi ekonomi domba Garut sangat luar biasa. Pasar tidak hanya memeriksa daging dan penampilan, tetapi juga kemampuan untuk tampil dalam kompetisi kelincahan.

 

Mahalnya harga seekor domba garut elit tak ubahnya bola salju. Pasalnya, harga anakan domba juga cukup mahal. Jika sebuah peternakan adalah rumah bagi domba garut juara, tidak hanya karena peternakan itu terkenal, tetapi juga menawarkan manfaat ekonomi yang besar.

 

4. Perawatan Mudah

Pemeliharaan domba Garut Lampung hampir sama dengan domba pada umumnya dalam hal kandang dan masalah teknis. Namun berbeda dengan pakan, domba Garut membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dan serat yang lebih banyak. Pakan berserat tinggi dapat membantu meningkatkan kualitas daging, otot serta pembentukan tanduk dan tulang pada domba.

 

Karena itu, kandungan lemak domba Garut jauh lebih rendah. Yang memungkinkan untuk menjadi ideal untuk menggunakan daging seperti untuk hewan kurban. Domba Garut ini adalah yang terbesar kelas superjumbo A. bobotnya bisa melebihi 100 kilogram dengan usia sekitar 2 tahun!

 

5. Domba Garut Lampung Mudah Dalam Pemasaran

Domba Garut populer di seluruh Indonesia, terutama karena mereka telah diberi perbedaan tambahan menjadi hewan yang agresif.