Contoh Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

Memberdayakan mesin dengan kecerdasan buatan dan mengevaluasinya telah menjadi salah satu langkah paling menantang di dunia komputasi.

Berkat adopsi kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin, perusahaan telah menghilangkan sebagian besar tugas berulang dan fokus pada pemecahan masalah kritis yang unik. Meskipun kecerdasan buatan itu sendiri adalah istilah yang lebih luas yang digunakan untuk mencakup berbagai sub-bidang, pembelajaran mesin adalah salah satunya.

Contoh Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Membuka Ponsel Anda Dengan Verifikasi Wajah

Dengan diperkenalkannya iPhone X, Apple memperkenalkan cara baru untuk membuka kunci iPhone Anda, hanya menggunakan wajah Anda sebagai kode sandi. Teknologi yang mendasari di balik FaceID aman terbaru Apple menggunakan mesin saraf dan pengenalan wajah pada Apple A11 dan chip yang lebih baru untuk membuat peta 3D wajah pengguna, dan menangkap serta mencocokkan gambar peta wajah selama proses pembukaan kunci. Bahkan berfungsi saat pengguna memakai aksesori seperti kacamata, syal, kosmetik, dan jenggot.

  1. Contoh Ai – Email

Google dan beberapa penyedia email lainnya secara bertahap memperkenalkan fitur kecerdasan buatan, seperti klasifikasi email cerdas, balasan cepat, dan menghilangkan kerumitan tugas non-produktif, membuat hidup kita lebih mudah.

  1. Contoh Ai – Hiburan dan Sosial

Bukan hanya aplikasi produktivitas yang mengubah kecerdasan buatan. Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana Facebook merekomendasikan teman baru kepada Anda?

Di balik sistem saran mereka adalah penerapan AI dan ML yang kuat yang dapat menganalisis pola penggunaan dan fungsi drive Anda, seperti mengidentifikasi teman dari foto dan mempersonalisasi umpan berita. Facebook bahkan memperkenalkan fitur yang dapat memindai posting pengguna untuk mendeteksi jika mereka berniat melukai diri sendiri untuk mendapatkan bantuan yang mungkin mereka butuhkan. Ini adalah contoh aplikasi terbaik dari teknologi kecerdasan buatan.

  1. Contoh Ai – Navigasi Google

Dengan bantuan pembelajaran mesin, Google Maps memahami perjalanan kerja harian Anda dan memberi tahu Anda tentang lalu lintas yang lambat saat Anda pergi. Itu juga dapat mengidentifikasi keterlambatan dalam sistem transportasi (seperti penerbangan, kereta api, dan bahkan bus) berdasarkan kondisi lalu lintas, kondisi cuaca, dll. Ini adalah contoh aplikasi terbaik dari teknologi kecerdasan buatan.

  1. Contoh Ai – Perbankan dan Keuangan

Pencegahan Penipuan

Dilansir dari situs Majapahit.id, Pembelajaran mesin dapat mencegah penipuan dengan memantau kebiasaan pengeluaran Anda secara teratur, sambil mempertimbangkan berbagai faktor seperti interval transaksi, lokasi, nilai, dll. Teknologi kecerdasan buatan ini dapat membantu menentukan apakah suatu transaksi sah atau curang.

Pembayaran Elektronik

AI juga dapat mengelola peringatan untuk berbagai pembayaran (seperti tagihan, pinjaman, transfer).

Mobile Banking

Melalui penggunaan kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari, bank telah sepenuhnya terdigitalisasi. Berkat proses tanpa kertas, membuka rekening bank tidak pernah semudah ini. Mereka sekarang memberi pelanggan pengalaman mobile banking yang dipersonalisasi dan penawaran khusus untuk layanan mereka. Ini adalah contoh aplikasi terbaik dari teknologi kecerdasan buatan.

  1. Algoritma Pencarian

Setiap kali Anda mencoba mencari di Google, Anda harus melihat bahwa beberapa istilah pencarian secara otomatis mengisi bidang pencarian.

Google menggabungkan teknologi di balik mesin telusur terkemuka, termasuk jaringan saraf, pembelajaran mendalam, pembelajaran mesin, dan kecerdasan buatan. Dengan efisiensi algoritma pencarian Google yang begitu tinggi, sulit membayangkan dunia tanpanya. Ini adalah contoh aplikasi terbaik dari teknologi kecerdasan buatan.

  1. Penerapan Aplikasi Ai pada E-Commerce

Dengan diperkenalkannya kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin, e-commerce telah mengalami reformasi besar dalam beberapa tahun terakhir.

Pencarian

Mohon diperhatikan bagaimana cara memasukkan “amplop merah” dan langsung mendapatkan daftar amplop merah?

Rekomendasi Produk

Gunakan pembelajaran mesin untuk meningkatkan rekomendasi produk, pertimbangkan pola penggunaan Anda untuk merekomendasikan produk, dan bantu pencarian Anda. Pembaruan ini dapat ditemukan di hampir setiap pasar online, seperti Amazon, Flipkart, AliExpress, dll., Karena mereka sangat populer dan memberikan pengalaman berbelanja yang relatif lebih baik. Ini adalah contoh aplikasi terbaik dari teknologi kecerdasan buatan.

  1. Contoh Penerapan Ai Di Penggunaan seluler

Dengan kombinasi pengenalan suara dan pemrosesan bahasa alami, ponsel pintar mulai menyediakan komunikasi alami antara komputer dan manusia. Ketika datang ke smartphone, beberapa contoh kecerdasan buatan yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari termasuk bot obrolan, konverter suara-ke-teks, dan asisten digital.

Suara-ke-Teks

Konverter Suara-ke-Teks menggunakan sistem pengenalan suara untuk mengubah suara Anda menjadi teks. Aplikasinya meliputi input suara dan aplikasi pembuka, yang kini telah menjadi fungsi standar smartphone dan komputer.

Chatbots

Pada saat yang sama, robot obrolan tingkat lanjut yang menggunakan pemrosesan bahasa alami dapat dengan mudah mensimulasikan manusia, dan memberikan dialog yang lebih alami bahkan saat menjawab pertanyaan dialog yang rumit. Ini adalah contoh aplikasi terbaik dari teknologi kecerdasan buatan.