Cermat Memilih Kosmetik yang Aman saat Menyusui

Tampil cantik adalah dambaan setiap wanita, termasuk menyusui. Tapi hati-hati, kandungan dalam produk kosmetik diserap oleh kulit dan bisa masuk ke ASI. Ini dapat memengaruhi kesehatan dan perkembangan bayi Anda.

Tidak semua bahan kosmetik atau produk perawatan kulit aman digunakan saat menyusui. Karena itu, ibu menyusui perlu berhati-hati saat memilih produk mana yang akan digunakan.

Berikut beberapa jenis bahan kosmetik atau produk perawatan kulit yang aman digunakan saat menyusui:

Asam hidroksi

Asam alfa hidroksi (AHA) dan asam beta hidroksi (BHA) banyak digunakan sebagai obat jerawat. Jenis AHA yang paling umum digunakan adalah asam glikolat dengan berbagai konsentrasi dan kadar pH. Namun tingkat daya serapnya masih rendah sehingga dapat digunakan dengan aman saat menyusui.

Asam salisilat sekarang menjadi jenis BHA dengan potensi toksik rendah. Faktanya, belum ada penelitian yang dilakukan pada manusia, tetapi tingkat penyerapan zat ini dalam bentuk topikal dan eksternal rendah, sehingga dapat digunakan dengan aman selama menyusui. Ini berbeda dengan suplemen asam salisilat oral atau obat oral, yang harus dihindari saat menyusui.

Benzoil peroksida

Benzoyl peroxide banyak digunakan sebagai obat anti jerawat, baik dalam bentuk krim, gel, maupun salep. Penggunaan benzoyl peroxide saat menyusui belum dipelajari secara ekstensif. Namun karena hanya 5% yang terserap oleh tubuh, bahan ini aman digunakan.

Pastikan kulit bayi tidak bersentuhan langsung dengan area di mana benzoyl peroxide dioleskan. Jika Anda perlu menggunakan obat ini di sekitar payudara, hindari salep karena mengandung parafin tinggi, yang bisa berbahaya bagi bayi.

Tabir surya

Tabir surya fisik seperti seng oksida atau titanium dioksida aman digunakan saat menyusui. Hal yang sama berlaku untuk tabir surya kimia seperti PABA (asam para-aminobenzoic) dan asam sinamat (asam sinamat), yang, meskipun digunakan dalam dosis besar, tidak dapat menembus kulit dan oleh karena itu aman untuk ibu menyusui.

Kosmetik Yang Harus Dihindari Saat Menyusui

Jenis bahan kosmetik yang harus dihindari ibu menyusui antara lain:

Vitamin A.

Vitamin A dan turunannya seperti tretinoin, isotretinoin, dan retinol sering ditemukan pada produk anti penuaan. Produk ini berperan dalam mengurangi kerutan dan mencerahkan wajah. Keamanan produk ini pada ibu menyusui masih kontroversial dan harus dihindari karena dapat diserap ke dalam ASI.

Hydroquinone

Hydroquinone harus dihindari selama menyusui karena memiliki efek toksik atau toksik. Umumnya hydroquinone digunakan sebagai bahan untuk mencerahkan wajah. Hydroquinone dapat diserap ke dalam pembuluh darah melalui kulit dan beredar ke seluruh tubuh.

Sekitar 35-45% hidrokuinon yang dioleskan ke kulit diserap oleh tubuh dan memasuki aliran darah dalam beberapa menit penggunaan. Oleh karena itu, hydroquinone disarankan untuk dihindari oleh ibu menyusui.

Anda benar-benar bisa tampil cantik saat menyusui. Namun, gunakan produk kosmetik yang aman untuk ibu menyusui. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit jika Anda merasa tidak nyaman atau jika Anda memiliki pertanyaan tentang kosmetik apa yang aman digunakan saat menyusui.

Yuk cari tahu informasi mengenai kosmetik jafar di perawatan sehat dengan url resminya https://perawatansehat.co.id.