Cara Mudah Membuat Puisi Bagi Pemula

Cara Mudah Membuat Puisi Bagi Pemula

Cara Mudah Membuat Puisi Bagi Pemula

Cara Mudah Membuat Puisi Bagi Pemula. Setelah ketahui pemahaman dan elemen pembangun puisi atau my poem, saat ini kita akan mengulas bagaimana beberapa langkah membuat puisi. Kemungkinan banyak yang berpikir jika kelihatannya membuat puisi itu gampang.

Cara Mudah Membuat Puisi Bagi Pemula
Cara Mudah Membuat Puisi Bagi Pemula

Tetapi pada kenyataannya banyak yang perlu jadi perhatian supaya puisi tersebut menarik saat dibaca dan gampang dimengerti oleh pembaca. Lantas, bagaimanakah cara membuat puisi yang benar dan baik? Yok, kita dalami.

1. Tetapkan Topik dan Judul

Pertama, pilih satu topik yang kita harapkan sebagai referensi dalam membuat puisi supaya puisi kita lebih menarik. Topik puisi ada banyak. Maka sedapat mungkin pilih topik yang betul-betul menarik. Sesudah tentukan topik, cara setelah itu tentukan judul yang berlomba pada topik. Misalkan saja kita tentukan topiknya, yakni kata kata rindu.

2. Tentukan Kata Kunci

Sesudah tentukan topik, beberapa langkah menulis puisi setelah itu tentukan keyword dan meningkatkan kata itu. Bila kamu sudah mendapati topik, misalkan barusan kesetiaan, karena itu setelah itu mendapati keyword yang terkait dengan keabadian itu. Jika sudah di rasa cukup buat mengawali membuat puisi, karena itu kamu tinggal mengembangkannya dalam sebuah kalimat atau larik puisi. Misalkan satu keyword dipakai untuk satu larik. Atau mungkin saja, satu keyword selanjutnya ditingkatkan jadi satu bait.

3. Memakai Style Bahasa

Cara menulis puisi seterusnya dengan memakai tata bahasa. Diantaranya dengan majas misalkan majas perbedaan atau majas metafora misalkan.

4. Bangun Puisi Seindah Kemungkinan

Setelah itu meningkatkan semua cara di atas jadi puisi yang cantik. Atur kalimat, larik-larik puisi jadi bait-bait. Bangunlah jadi satu puisi yang utuh dan berarti. Kamu harus ingat jika puisi bukan sebuah artikel. Tulisan yang kamu bikin untuk puisi harus singkat, padat, sekalian cantik. Pilih kata yang seperti yang sebagai wakil elemen keelokan sekalian arti yang padat.

Ingat-ingatlah tiga hal yang terkait dalam kata dan larik saat menulis puisi, yakni:

Kata ialah unit serangkaian bunyi yang ritmis atau cantik, atau yang merdu
Arti kata dapat memunculkan banyak tafsiran
Memiliki kandungan imajinasi dalam mengenai hal yang dibahas

Berikut langkah membuat puisi untuk pemula yang diambil dari Buku Bahasa Kita Bahasa Indonesia kreasi A. Malik Thachir, dkk:

1. Tentukan Gagasan

Untuk memperoleh gagasan, kamu harus cari ide dari orang sekeliling atau kegelisahan yang kamu alami. Contoh kamu sedang jatuh hati dengan seorang, jadikanlah orang itu ide kamu saat menulis puisi. Apa saja yang kamu alami dapat jadi sebuah puisi.

2. Memakai Kata yang Gampang Dimengerti

Seterusnya mulai menulis gagasan yang telah kamu peroleh di kertas. Umumnya pada step ini kamu dapat memakai style bahaya yang disebutkan majas. Majas berperan membuat puisi kamu lebih mempunyai arti.

3. Tentukan Judul

Sesudah puisi usai dicatat, cara seterusnya tetapkan judul yang pas untuk puisi kamu. Umumnya kamu akan memperoleh judul saat puisi usai dicatat.

4. Membaca Ulangi Puisi

Saat semua sudah usai, kamu dapat membaca kembali puisi atau koreksinya. Apa puisi yang kamu bikin dapat sampaikan pesan untuk yang membaca.