Cara Menghitung YOY Growth dengan ERP

YOY Growth adalah perubahan pendapatan atau keuntungan dari satu periode ke periode berikutnya. YOY Growth bisa dibandingkan dengan penurunan atau peningkatan yang sama besar dan jumlahnya dalam satu tahun. YOY Growth dapat digunakan untuk mengetahui seberapa bagus jaringannya dan seberapa cepat pertumbuhannya. 

Arti YOY Growth

YOY Growth adalah pertumbuhan nilai yang dihitung dari satu tahun ke tahun berikutnya (Year over  Year). Apabila suatu perusahaan mengumpulkan data untuk transaksi, mereka mungkin melihat perubahan terbaru secara YOY growth. Mereka mungkin juga mendeteksi penurunan atau kenaikan harga secara terbaru.

Mengapa Hitung YOY Growth?

Tujuan menghitung pertumbuhan YOY adalah untuk mengetahui bagaimana pertumbuhan perusahaan Anda selama satu periode. Hal ini memungkinkan Anda untuk membandingkan kinerja satu tahun dengan tahun lainnya dan melihat seberapa besar pertumbuhan atau penurunan bisnis Anda. Hal ini juga dapat dijadikan patokan dalam membuat rencana bisnis Anda ke depan, terutama jika Anda berencana melakukan ekspansi internasional atau meluncurkan lini produk baru yang membutuhkan modal lebih dari biasanya.

Rumus untuk menghitung pertumbuhan YOY adalah:

((Pendapatan Tahun 1 – Pendapatan Tahun 0) / Pendapatan Tahun 0) * 100

Contoh Kasus YOY Growth 

Sebelumnya, kita memahami apa itu YOY Growth. Berikut ini contoh kasus yang menggunakan ERP untuk menghitung YOY Growth.

Kasus 1: Kasus perusahaan yang memiliki YOY Growth lebih dari 5% (kurang dari 10%)

Perhatikan tabel berikut ini!

Perusahaan A tahun 2017 memiliki nilai usaha sebesar Rp 15 milyar dan pada tahun 2018 menjadi Rp 18 milyar, atau dengan cara menggunakan ERP program PASIEN2 yang akan dijelaskan di bawah ini.

Konsep Dasar YOY Growth

YOY Growth = (penjualan tahun ini-penjualan tahun lalu)/penjualan tahun lalu

YOY Growth = (keuntungan tahun ini-keuntungan tahun lalu)/keuntungan tahun lalu

Cara Menghitung YOY Growth di ERP

  • Masukkan data.

  • Buat kolom baru.

  • Menghitung persentase pertumbuhan.

Anda dapat menghitung YOY Growth menggunakan ERP untuk mendapatkan hasil yang akurat dengan praktis dan cepat.   

Kesimpulan 

Setiap bisnis memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan penjualan. Dengan melakukan hitungan YOY growth, Anda akan dapat memastikan apakah keputusan bisnis Anda tersebut berhasil atau tidak. Gunakan ERP untuk menghitungnya agar mendapatkan hasil yang akurat dengan mudah.