Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli Dan Perhiasan Emas Palsu

Jika Anda ingin membeli perhiasan kalung emas pastikan merupakan kalung emas wanita asli . Perhiasan emas yang tidak asli tentu akan merugikan Anda. Selain rugi karena harga yang tidak sesuai, perhiasan emas palsu juga dapat melukai kulit Anda. 

Perhiasan emas palsu dapat membuat kulit Anda iritasi karena bisa berkarat. Berbeda dengan emas asli yang tidak akan berkarat. Agar Anda tidak salah dalam memilih perhiasan emas, Anda dapat mengetahui cara membedakan perhiasan emas asli atau palsu berikut ini:

Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli Dan Perhiasan Emas Palsu

Kalung Emas Wanita Asli Tidak Pudar Jika Digosok

Untuk mengetahui apakah perhiasan emas Anda asli atau palsu, Anda bisa menggosokkan perhiasan emas Anda seperti kalung atau cincin pada telapak tangan atau telunjuk. Jika warna emasnya pudar atau tidak seragam, maka emas pada perhiasan Anda adalah palsu. Jika tidak ada perubahan warna, maka emas pada perhiasan Anda adalah asli.

Mendekatkan Perhiasan Emas Ke Magnet

Anda bisa mengetahui apakah emas pada perhiasan Anda asli atau palsu dengan cara mendekatkannya pada magnet. Respon perhiasan emas asli adalah tidak akan menempel pada magnet. Hal ini karena emas merupakan logam yang tidak memiliki sifat magnetik,

Goreskan Perhiasan Emas Pada Kertas Atau Keramik

Cara ini terbilang adalah cara sederhana dalam menentukan apakah perhiasan emas Anda asli atau palsu. Anda harus menyiapkan kertas atau keramik terlebih dahulu. Kemudian, goreskan perhiasan emas Anda pada kertas atau keramik.

Jika terdapat goresan-goresan kecil atau  warna kehitaman pada permukaan perhiasan emas yang digosok, maka perhiasan emas tersebut adalah palsu. Emas asli tidak akan tergores jika terkena benda apapun.

Menguji Keaslian Perhiasan Emas Dengan Suara 

Cara ini cukup mudah, Anda hanya perlu menjatuhkan atau mengetuk perhiasan emas Anda. Biasanya cara ini digunakan untuk mengetahui tingkat keaslian perhiasan emas jenis cincin. Pada perhiasan emas asli apabila dijatuhkan maka akan terdengar suara dering yang panjang dan bernada tinggi. Sedangkan, pada emas imitasi suara dering terdengar pendek dan tidak nyaring.

Perhatikan Sertifikat Perhiasan Emas Anda

Memang tidak semua perhiasan emas memiliki sertifikat. Namun, jika Anda membeli di toko perhiasan besar dan resmi, maka Anda akan mendapatkan sertifikat emas. 

Perhatikan sertifikat yang ada apakah tertera sesuai dengan aslinya. Biasanya sertifikat perhiasan emas asli terdapat logo watermark tempat diproduksinya perhiasan tersebut.

Agar Anda lebih tenang ketika memiliki perhiasan emas, Anda bisa mengecek keaslian perhiasan Anda dengan cara di atas. Anda tidak perlu ragu dengan perhiasan emas yang dibeli di Frank & co. Perhiasan emas disini merupakan perhiasan emas yang dijamin keasliannya. Anda dapat melihat beberapa produk perhiasan emas seperti kalung emas wanita asli atau cincin emas di situs Frank & co untuk melihat secara detail produk perhiasan kami.