Atraksi Budaya Seru di Festival Danau Toba

Salah satu event wisata tahunan yang hampir setiap tahunnya digelar di beberapa wilayah di Indonesia, adalah Festival Danau Toba. Sebenarnya masih banyak sih festival budaya lainnya yang seru dan sayang banget untuk dilewatin. Termasuk festival yang diadakan di Danau Toba ini.

Banyak juga kegiatan menarik yang bisa Kamu ikuti di festival yang satu ini. Misalnya kompetisi olahraga tradisional serta permainan-permainan tradisional atau permainan rakyat, seminar pariwisata, pertunjukkan seni budaya tradisional dan tentunya masih banyak lagi.

Sejarah Festival Danau Toba yang Diselenggarakan Setiap Tahun

Jadi sebenernya apa sih yang dimaksud dengan festival di Danau Toba ini? Festival ini merupakan event budaya, olahraga sekaligus pariwisata yang sudah dimulai sejak tahun 1980 dan berubah namanya sejak tahun 2011. Pelaksanaan eventnya pun dilakukan secara bergantian, sejak festival ini berubah nama.

Beberapa wilayah di Kabupaten Danau Toba kebagian giliran menjadi lokasi acara festival tersebut. Ada sekitar 11 kabupaten di Danau Toba yang secara bergilir menjadi lokasi acara ini.

Festival ini juga menjadi ajang promosi pemasaran wisata di Danau Toba yang melibatkan langsung Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Isi acaranya biasanya akan mengangkat hal-hal yang berkaitan dengan kebudayaan Batak dan berhubungan dengan ekonomi kreatif.

Salah satu keistimewaan Festival Danau Toba ini adalah banyaknya perlombaan bertaraf internasional yang diadakan di festival ini, dengan mengundang beberapa atlet yang asalnya dari luar Indonesia.

Tujuan dilaksanakannya event ini adalah untuk mengangkat potensi pariwisata dengan cara mengembalikan image Danau Toba sebagai destinasi wisata yang paling disukai.

Atraksi Budaya Seru yang Diselenggarakan di Festival Danau Toba

Bukan festival budaya namanya kalau di dalamnya tak ada atraksi budaya yang menarik. Sama dengan festival di Danau Toba ini, yang selalu diisi dengan beragam atraksi yang seru. Jadi, ada atraksi wisata di Danau Toba apa aja sih yang katanya seru, yuk simak ulasan lengkapnya:

1. Solu Bolon

Kalau masyarakat di Cina punya Perahu Naga maka orang Batak juga punya Solu Bolon. Ada sekitar 20 tim di dalam permainan ini, yang akan berlaga dengan adu cepat di perairan Tuktuk yang ada di Danau Toba tersebut.

Jadi Solu Bolon ini merupakan perlombaan mendayung dengan memakai perahu tradisional yang penyelenggaraannya dilaksanakan selama tiga hari penuh. Pada saat lombanya sedang berlangsung, ada beberapa kapal wisata yang ukuran tubuhnya besar dan masuk ke jalur lomba.

Namun untungnya sama sekali tak ada korban jiwa di sini. Jadi, atraksi Solu Bolon ini selalu berlangsung dengan seru dan menyenangkan. Bahkan atraksi mendayung perahu ini diminati oleh para pengunjung yang kebetulan haus hiburan.

2. Musik Batak Toba

Jika festivalnya sedang diadakan di daerah Samosir, maka Kamu akan melihat beragam musik tradisional khas dari masyarakat Batak. Contohnya suling bambu khas Batak sampai Taganing yang merupakan gendang khas masyarakat lokal.

Alat-alat musik tersebut punya cerita sejarahnya masing-masing loh. Biasanya fungsi gendang adalah penggiring melodi tetapi Taganing adalah gendang yang membawa melodi. Varian dari Taganing ini juga banyak banget, karena dipelihara oleh lima sub etnik Batak sekaligus.

3. Sigale-Gale khas Danau Toba

Sigale-gale adalah bonek kayu khas Batak yang bisa Kamu lihat di Pulau Samosir pada hari-hari biasa. Namun sigale-gale ini juga ikut pawai bersama saat festival di Danau Toba itu diselenggarakan.

Karnaval Sigale-gale ini juga melibatkan beragam elemen simbolis, yaitu 4 puak yang asalnya dari Suku Batak. Penampilan gundala di pawai ini juga akan menarik perhatian para pengunjung.

4. Tari Tor tor Sawan yang kolosal

Tari Tor-tor adalah tarian yang diiringi dengan musik Magondangi, dan umumnya merupakan ritual yang berkaitan dengan roh. Tapi tarian ini ditarikan oleh sekitar 500 penari secara kolosal di festival tersebut. Makanya banyak sekali cawan yang jatuh dan pecah saat tarian berlangsung/

Ternyata banyak banget ya atraksi budaya di Festival Danau Toba ini yang seru banget dan sayang untuk dilewatkan. Kamu juga bisa datang ke Danau Toba untuk menyaksikan festival tersebut. Dijamin gak akan nyesel deh, karena budaya dan pariwisatanya ditonjolkan sekali di festival ini.