Alur Pengiriman Barang Indonesia ke Taiwan

Taiwan sepertinya sudah jadi rumah kedua bagi warga Indonesia, baik dalam hal pekerjaan maupun soal lain seperti eksportir barang. Itulah penyebab mengapa skala pengiriman barang Indonesia ke Taiwan juga termasuk tertinggi. Ini juga yang menjadikan faktor mahalnya ongkos kirim barang.

Alur Cara Kirim Barang Indonesia ke Taiwan

Sebenarnya sama saja dengan kirim barang antar kota atau pulau. Hanya saja tujuan Taiwan punya standar khusus yang harus bisa ditaati dan dipatuhi oleh para pengirim. Apalagi jalur kirimnya ke beda negara yang tata pemerintahannya juga sudah tidak sama.

  1. Sampaikan ke CS

Step pertama yang harus Anda lakukan adalah menyampaikan informasi mengenai pengiriman ke customer service. Biasanya setiap jasa pengiriman barang ke luar negeri atau eksportir punya layanan khusus selama untuk pelanggan selama 24 jam nonstop.

Hal ini tentu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pelanggan yang baru pertama kali mengirimkan barang ke luar negeri. Customer service akan membantu memberitahukan mengenai dokumen apa saja yang harus dipersiapkan. Bagaimana cara packing dengan benar dan estimasi biaya.

  1. Estimasi Biaya

Jika sudah diberikan informasi lengkap oleh customer service dan memberikan detail informasi dokumen yang dibutuhkan, maka tinggal bawa barang ke kantornya. Nantinya akan ditimbang dan dihitung volumenya. Cs akan memberikan estimasi biaya pengantaran.

Tak lupa Anda juga diberitahukan mengenai jadwal barang akan tiba sampai di Taiwan atau negara tujuan lainnya. Lakukan pembayaran sebesar nominal yang dibutuhkan, terima billnya dan barang bisa masuk ke dalam proses selanjutnya.

  1. Memberikan Kelengkapan Dokumen

Setelah barang ditimbang dan didapatkan berat aktualnya maka bisa langsung memberikan dokumen sesuai yang diinginkan. Setiap pengiriman ke luar negeri standarnya akan membutuhkan jenis surat-surat sama, namun ada tambahan berdasarkan dengan negara pengirim.

pengiriman barang Indonesia ke Taiwan 1

Jika memang belum mengerti mengenai aturan satu ini maka Anda bisa langsung bilang ke CS atau customer service agar dibatu informasi. Jangan malu untuk bertanya karena biasanya layanan dari mereka juga 24 jam nonstop.

  1. Barang Mulai Di Pickup

Jika kelengkapan dokumen sudah sesuai ketika diperiksa maka barang bisa langsung di pick up  oleh jasa pengiriman tersebut. Sebagai informasi tambahan saja, jika saat ini barang juga bisa diambil dari rumah, jadi perhitungannya juga dilakukan disana, tak perlu harus ke kantor jika sedang hujan.

Namun terkadang memang ada tarif khusus untuk penjemputan ini. Tapi tak jarang ada banyak juga yang memang memberikan layanan gratis sehingga tidak perlu ada biaya tambahan. Anda bisa menikmati layanan satu ini jika berhasil memilih jasa pengiriman yang tepat.

  1. Shipping

Langkah terakhir tentu saja barang mulai dikirim. Lamanya waktu tergantung dengan pelayanan dari jasa pengiriman. Masing-masing punya standar yang berbeda., untuk menghindari salah paham coba tanyakan di awal agar tidak merasa kecewa jika pelayanan mengecewakan.

Paling lama barang terkirim adalah sekitar 2 minggu atau 14 sampai 15 hari.  Namun ini adalah ketika Anda menggunakan jasa eksportir barang memakai cargo, dimana harus menunggu barang sampai penuh dulu baru bisa jalan.

Itulah beberapa step atau cara yang harus Anda lakukan ketika akan mengirimkan barang ke luar negeri. Catatan pentingnya adalah jangan lupa untuk menanyakan masalah waktu kepada customer service jika paket tersebut harus segera tiba. Perhatikan juga beberapa pengemasan sebelum pengiriman.