5 Tempat Wisata yang Ramah Kantong Daerah Sumedang

Hal pertama yang terlintas saat mendengar nama kota Sumedang adalah tahu. Salah satu kabupaten di Jawa Barat ini memang terkenal dengan wisata kulinernya yang enak. Meski demikian, Sumedang ternyata menyimpan banyak tempat wisata yang indah.

Berikut sejumlah tempat wisata daerah Sumedang yang bisa Anda kunjungi di waktu liburan nanti. Jangan khawatir, sebagian besar tempat wisata ini ramah di kantong.

1. Museum Prabu Geusan Ulun

Tempat wisata pertama adalah wisata edukasi, Museum Prabu Geusan Ulun. Dulunya, tempat wisata ini merupakan tempat tinggal bupati Sumedang dan kerabat. Namun kini tempat tinggal tersebut dijadikan sebagai museum untuk wisata budaya dan sejarah.

Ada beberapa bangunan yang ada di Museum Prabu Geusan Ulun, yakni Ruang Bumi Gendeng, Gedung Pusaka Khusus, Ruang Bumi Kaler, Ruang Srimaganti, dan Gedung Gamelan.

Museum ini berada di Jln. Prabu Geusan Ulun No. 40, Regol Wetan, Sumedang Selatan. Untuk harga tiket masuknya Rp. 3.000 untuk dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk wisatawan asing harus membayar Rp. 10.000 untuk bisa masuk ke tempat wisata ini.

2. Gunung Kunci

Jangan tertipu dengan nama tempat wisata ini. Meski bernama Gunung Kunci, tempat wisata ini hanya sebuah bukit kecil yang lokasinya berjarak kurang lebih 250 meter dari alun-alun kota Sumedang.

Tempat wisata ini termasuk dalam wisata sejarah karena sebenarnya adalah benteng pertahanan yang dibangun oleh Belanda. Di dalamnya terdapat beberapa ruangan yang bisa Anda jelajahi. Selain itu, kondisi alam di sekeliling juga menarik untuk dijadikan sebagai spot foto instagramable.

Lokasi Gunung Kunci ini di Gunung Panjunan, Desa Kota Kulon, Sumedang Selatan. Harga tiket masuknya hanya Rp. 7.000 saja.

3. Cipanas Sekarwangi

Bagi Anda yang ingin merelaksasi tubuh dengan mandi air panas, Anda bisa berkunjung ke Sumber Air Panas Sekarwangi. Tempat wisata ini merupakan pilihan terbaik untuk menghilangkan rasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh.

Keindahan alam yang ditawarkan membuat Cipanas Sekarwangi banyak dikunjungi, baik wisatawan lokal maupun luar negeri. Untuk menikmati keindahan tempat wisata ini, Anda bisa menginap di sejumlah hotel yang ada di sekitar lokasi.

Tempat wisata ini berada di Desa Sekarwangi, Buah Dua, Sumedang. Harga tiket untuk masuk ke kolam air panas hanya Rp. 10.000 saja.

4. Air Terjun Cirug Cigorobog

Sumedang memiliki sejumlah air terjun yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Cirug Cigorobog. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya saja untuk akses menuju lokasi belum terlalu mulus.

Air terjun ini mempunyai tiga tingkatan dengan ketinggian kurang lebih 40 meter. Keindahan alam yang asri membuat air terjun ini tampak begitu eksotis.

Air Terjun Cirug Cigorobog berada di Desa Citengah, Sumedang Selatan. Harga tiket untuk masuk ke dalam lokasi hanya Rp. 3.000 saja.

5. Puncak Damar Baros

Bagi Anda yang ingin mendapatkan foto yang instagramable dengan latar belakang keindahan waduk Jatigede, Anda bisa berkunjung ke Puncak Damar Baros.

Tempat wisata ini menawarkan sejumlah fasilitas, seperti gazebo, area bermain untuk anak-anak, dan lain sebagainya.

Puncak Damar Baros berada di Pakualam, Darmaraja, Sumedang. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp. 5.000.

Demikian tempat-tempat wisata daerah Sumedang yang ramah dikantong namun tetap indah dan menarik untuk dikunjungi. Jika Anda berencana untuk berkeliling kota Sumedang bersama rombongan, Anda bisa menggunakan jasa sewa Hiace Sumedang.

Kendaraan Hiace merupakan kendaraan yang memberikan kenyamanan dalam perjalanan. Di beberapa kota, Anda bisa secara mudah menemukan jasa sewa Hiace, termasuk Jakarta. Anda bisa menemukan jasa sewa Hiace Jakarta secara mudah dengan penawaran harga yang bervariasi.