5 Macam Alat Kasir Yang Harus Anda Ketahui untuk Keperluan Bisnis

Seiring zaman berkembang, teknologi kini semakin canggih dan banyak dijadikan suatu alat utama dalam berbisnis, seperti sebuah perangkat mesin kasir. Mesin kasir merupakan sebuah alat penting yang harus ada saat membuka sebuah usaha toko atau bisnis untuk membantu memberikan pelayanan yang lebih cepat dan mudah sehingga pembeli merasa nyaman.

Mesin kasir juga disebut sebagai alat yang tepat jika ingin membuka usaha dan mempekerjakan karyawan guna menghindari adanya kecurangan dan kesalahpahaman dalam keuangan. Pemasukan keuangan pun juga bisa dihitung lebih mudah jika memanfaatkan alat pembayaran yang satu ini. Fungsi lainnya juga sebagai perhitungan keuangan dan pencatatan setiap transaksi.

Alat pembayaran ini tidak cuma bisa dipakai untuk sektor usaha besar seperti retail, namun juga bisa digunakan pada sektor usaha kecil seperti warung kopi, rental, apotek, toko kelontong, restoran, dll. Nah, ada 5 macam alat kasir yang harus Anda ketahui supaya bisnis berjalan dengan mulus.

Scanner Barcode

Anda tidak lagi perlu menghabiskan waktu untuk memasukkan barcode pada saat transaksi penjualan secara manual. Meskipun produk yang Anda jual belum memiliki barcode, Anda dapat bisa langsung membuatnya dengan memanfaatkan fitur-fitur pada sistem POS untuk pembuatan barcode secara otomatis dan tentunya gratis. Selain itu, adanya scanner barcode bisa mempercepat penjualan. Scanner barcode pun juga bisa dipakai untuk memonitor inventaris.

Printer Kasir

Printer kasir diperlukan untuk mencetak bukti transaksi penjualan. Printer kasir tentunya beda dengan printer jenis lain. Berbeda pada bentuk ukuran, yang membedakan lainnya antara printer kasir dengan printer biasa yaitu kecepatan mencetaknya relatif lebih baik. Jenisnya pun bervariasi, mulai dari printer kasir menggunakan teknologi Dot Matrix yang bisa mencetak rangkap, thermal printer, dan juga mobile printer yang memakai bluetooth.

EDC

Sekarang jamannya berbelanja dengan cashless, yang mana para pembeli lebih menyukai bayar tidak menggunakan uang tunai. Hal ini menjadi lumrah apabila sekarang banyak pembeli yang lebih menyukai transaksi dengan memakai kartu debit, kredit dan dompet digital atau e-wallet. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda yang memiliki sebuah usaha untuk mempunyai mesin EDC supaya bisa memenuhi kebutuhan pembeli dan membuat mereka merasa nyaman.

Pole Display

Pole display merupakan sebuah perangkat keras pada mesin kasir yang dipakai untuk menampilkan jumlah transaksi yang sedang berlangsung kepada pembeli yang berada di kasir. Zaman sekarang, pole display bisa diganti dengan perangkat kasir dua layar, 1 layar digunakan untuk transaksi, 1 lagi untuk menampilkan transaksi bahkan promo.

5 macam alat kasir yang harus Anda ketahui di atas bisa didapatkan pada produk kasir iMin. Merek tersebut dipercaya sebagai mesin kasir yang memberikan banyak keunggulan dan manfaat bagi pemilik bisnis. Contohnya, dengan mesin berbasis aplikasi android, produk iMin bisa melakukan sekaligus scan barcode, mencetak transaksi pembelian, dan sebagai EDC. Jadi Anda bisa mendapatkan semuanya dalam 1 perangkat saja.

Perangkat kasir iMin juga dilengkapi dengan fitur pemindai wajah dan speaker. Jadi dengan produk tersebut Anda bisa memonitor usaha Anda dari jarak jauh. Anda bisa mengetahui siapa saja karyawan yang sedang bertugas, para pembeli, dll. Semuanya pun terintegrasi, Anda juga bisa memonitor langsung cabang-cabang usaha yang dimiliki dalam satu waktu. Mudah bukan?

Nah, itu dia beberapa alat pada mesin kasir yang wajib ada.