5 Jenis Direct Marketing Bagi Bisnis Online

kursus SEO terbaik di Jakarta
kursus SEO terbaik di Jakarta

Kursus SEO terbaik di Jakarta pernah membahas terkait dengan direct marketing. Sesuai dengan namanya, yang dinamakan direct marketing adalah strategi marketing secara langsung yang dilakukan pemasar kepada konsumen. Strategi ini bisa ditempuh dengan tatap muka secara langsung maupun melalui pesan chat, email, SMS atau bahkan telephon.

Direct marketing ini tidak melibatkan iklan ataupun pihak ketiga lainnya. Karena maksud melakukan direct marketing ini adalah agar pemilik bisnis menerima respon langsung dari pelanggan. Adapun jenis direct selling menurut kursus SEO terbaik di Jakarta antara lain :

  1. Email Marketing

Jika masih menganggap email marketing adalah cara kuno untuk pemasaran, berarti salah besar. Belajarlah dari perusahaan raksasa seperti google. Sekalipun sudah mendunia, google masih menggunakan email marketing untuk mengenalkan layanan barunya.

Menggunakan email marketing akan memberikan kesan profesional dan private. Dengan menggunakan email marketing anda bisa menyisipkan beberapa lampiran promosi yang mungkin dibutuhkan oleh penerima pesan email.

  1. Sosial Media Marketing

Bisa dikatakan bahwa sosial media marketing merupakan media pemasaran online paling ideal pada saat sekarang. Hampir semua pengguna internet memiliki sosial media dan aktif di dalamnya. Dengan sosial media, anda bisa berkomunikasi secara langsung dengan audiens. Menurut kursus SEO terbaik di Jakarta, sosial media juga memiliki kemampuan word of mouth dimana konsumen akan segera merekomendasikan produk anda kepada temannya saat mereka merasa tertarik.

  1. Tele Marketing

Sebelum era internet dimulai, telemarketing sudah menjadi andalah dunia perbankan untuk memasarkan produk-produknya. Sifatnya yang personal dan interaktif membuat membuka kemungkinan untuk menjual secara langsung. Pihak perbankan bisa langsung membidik target market dengan katagori khusus untuk menggunakan layanan yang mungkin diperlukan.

  1. SMS Marketing

Merupakan cara direct marketing yang menggunakan pesan singkat. Yang biasa menggunakan cara ini adalah kartu provider telephon seluler. Secara pribadi mereka akan mengirimkan pesan singkat kepada para pelanggannya terkait promo ataupun bentuk layanan terbaru yang bisa dimanfaatkan para pelanggannya.

  1. Katalog

Meskipun terkesan kuno, ternyata katalog bisa juga diandalkan sebagai direct selling yang menjanjijan. Katalog ini tidak harus dalam bentuk kertas cetak. Tapi jug bisa dalam format gambar pada website ataupun media sosial. Katalog ini masih sering digunakan oleh usaha minimarket, supermarket ataupun produk fashion perusahaan MLM.

  1. Penjualan Langsung

Brand yang sampai sekarang masih mengandalkan penjualan langsung adalah Sari Roti dan Yakult. Reseller mereka mendatangi pelanggannya untuk menjual produk secara langsung. Kelebihan penjualan langsung ini adalah memperkuat hubungan seller dengan pelanggan. Dimana ketika pelanggan membutuhkan produk tersebut, mereka akan langsung menghubungi seller.

Dari keenam cara penjualan langsung di atas, kira-kira anda akan memilih yang mana? Silahkan berkonsultasi langsung dengan kursus SEO terbaik di Jakarta.