10 Tanaman Disekitar Kita Yang Mempunyai Khasiat Mengobati.

Mengunakan tanaman sebagai salah satu cara untuk mendapatkan kesehatan adalah hal yang wajar, dan boleh dilakukan siapa saja. Hal ini juga telah dilakukan oleh para nenek moyang jaman dahulu jauh sebelum mengenal obat-obatan seperti sekarang.

Yang perlu kamu ketahui ialah, tidak semua tanaman mempunyai khasiat dalam mengobati. Ada juga tanaman yang memiliki kandungan berbahaya yang jika dikonsumsi oleh manusia.

Maka dari itu berikut ini beberapa tanaman yang ada disekitar kita yang mempunyai khasiat dalam mengobati.

1. Pegagan.

Pegagan atau antanan adalah tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi serta obat herbal. Tanaman satu ini biasanya dapat tumbuh dengan mudah secara liar, terutama tempat-tempat sejuk yang dengan kelembapan yang cukup.

Di Indonesa daun pegagan sering dikonsumsi sebgai sayuran, jus, salad hingga lalapan, disisi lain tanaman satu ini juga mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat pegagan ialah mampu mencegah berbagai infeksi pada tubuh, melancarkan pencernaan, mencegah naiknya kolesterol serta menstabilkan tekanan darah.

2. Rumput Teki.

Rumput teki adalah salah satu dari banyak tanaman liar gulma yang mengganggu, kehadiran rumput satu ini hanya membuat semak serta menutupi halaman perkarangan.

Namun tahu kah kamu, walau rumput satu ini sering di basmi begitu saja, ternyata rumput teki mempunyai khasiat yang baik dalam mengobati.

Beberapa orang jaman dahulu sering menggunakan tanaman satu ini dalam mengobati masalah buang air besar, menurunkan demam, membantu menyembuhkan luka, memperlancar urin serta mengurangi rasa sakit gigi.

3. Rumput Meniran.

Meniran merupakan reruputan herbal yang tidak ditanam, tanaman meniran dapat dengan mudah tumbuh di sembarang tempat. Terkadang tanaman liar satu ini tumbuh diperkarangan rumah dan didalam pot kembang.

Letak manfaat tanaman meniran ada pada daunya, dimana daunya biasa diolah dengan cara ditumbuk lalu dikonsumsi sebagai obat tradisional.

Siapa sangka dibalik bentuknya yang mungil dan dicap sebagai tanaman liar, meniran mampu mengatasi beberapa masalah seperti megah batu ginjal dan saluran kemih, mencegah Virus, bersifat diuretik, mencegah Peradangan, anti bakteri, atasi diabetes serta mencegah Hepatitis.

4. Tanaman Mutiara.

Tanaman mutiara merupakan jenis rerumputan liar yang biasa tumbuh disemak-semak dan dipingiran rumah. Dikatakan mutiara karena tanaman satu ini memiliki bunga kecil berwarna putih, yang jika dilihat dari kejauhan terlihat titik putih seperti mutiara.

Rumput mutiara sering dimanfaatkan sebagai obat alternatif dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan pada jaman dahulu, dan beberpa khasiat dari rumput mutira ialah diklami mampu mencegah sel kanker berkembang, mencegah infeksi, mengobati luka, menurunkan deman serta mengatasi gangguan pencernaan.

5. Alang-alang.

Siapa sih yang tidak tahu dengan alang-alang. Tanaman satu ini juga biasa di kenal dengan nama ilalang, yaitu rerumputan yang banyak dibenci orang karena kehadiranya. Alang-alang dapat dengan mudah tumbuh disembarang tempat, terutama tempat terbuka, membuat semak, serta daunya yang cukup tajam dan jika tersayat maka bisa melukai kulit.

Namun tahukah kamu bahwa walaupun banyak orang membencinya, akan tetapi tanaman satu ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan loh. Manfaatnya ada pada bagian akarnya, dimana akarnya direbus dan dikonsumsi ainya sebagai obat tradisional.

Beberapa manfaat dari rebusa akar ilalang ialah mampu menurunkan panas tubuh, mengatasi panas dalam, melancarkan pencernaan, menurunkan tekanan darah, mengatasi sesak nafas, serta melancarkan buang air kecil.

6. Ciplukan.

Ciplukan merupakan naman dari tanaman liar yang berbuah kecil dan di bungkus kantung. Tanaman satu ini biasa diburu anak kecil untuk diambil buahnya, hal ini karena buahnya mempunyai rasa yang manis asam serta mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Akan tetapi pemanfaatan tanaman satu ini bukan hanya pada buahnya saja, pohon ciplukan baik batang, akar, daun dan buahnya mempunyai khasiat dalam mengobati. Beberapa manfaat dari tanaman satu ini ialah dapat digunakan sebagai obat luka, mencegah masalah diabetes, mengobati sariawan, mencegah epilepsi, serta menurunkan tekanan darah.

7. Rumput ketul.

Ketul merupakan tanaman anggota suku Asteraceae. Tanaman terna satu ini umumnya ditemukan liar sebagai gulma di tepi jalan, kebun-kebun pekarangan, di perkebunan-perkebunan, atau pada lahan-lahan telantar.

Walaupun dikatakan tanaman gulma namun rumput ketul mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan, dan salah satu ialah mampu mengatasi batuk, angina (sakit dada), sakit kepala, demam, diabetes, sembelit, mencret, kecacingan, sakit perut, sakit gigi, keracunan, pegal-pegal.

Biasanya pemanfaatan tanaman satu ini dalam bentuk rebusan, yaitu tanaman ketul direbus lalu dikonsumsi airnya sebagai obat herbal.

8. Sembung.

Sembung merupakan tanaman liar perdu yang biasa dipakai untuk mengobati beberapa masalah penyakit seperti pilek, reumatik, kembung, diare, sakit tulang dan lainya. Di beberapa negara lainya terutama Asia tanaman satu ini juga dipakai sebagai obat peluruh.

Sembung umunya tidak ditanam, biasanya tanaman satu ini tumbuh disemak-semak, blukar, kebun dan dipinggiran hutan. Bentuk tanaman tidak terlalu tinggi dengan permukaan daun seperti diselimuti bulu-bulu halus.

9. Ketepeng.

Ketepeng adalah tanaman liar, berbatang, perdu, semak yang biasa tumbuh di dalam hutan, semak-blukar serta pinggiran sungai. Cukup sulit untuk menemukan tanaman satu ini terutama yang hidup di perkotaan, pasalnya memang tanaman ketepeng lebih banyak ditemukan di tempat habitat yang masih asri.

Letak manfaat tanaman satu ini ada pada daunnya dimana daunya lebih banyak digunakan sebagai obat untuk luar tubuh. Hal ini dikarenakan tanaman ketepeng mempunyai sifat antibakteri, antifungi, antimikroba serta antiradang yang membuantnya mampu mengatasi masalah panu, kudis, kurap, dan gatal-gatal.

10. Pohon yodium.

Pohon yodium atau biasa disebut dengan jarak cina, merupakan tanaman liar asal Amerika bagian Tropis. Di tempat asalnya sana tanaman satu ini tumbuh dengan mudah dihalaman terbuka, dan sedangkan di Indonesia tanaman satu ini biasa ditanaman sebagai tanaman hias depan rumah serta untuk digunakan sebagai obat tradisional.

Tanaman yodium cukup menarik untuk dijadikan kembang hal ini karena bentuk pohon dan bunganya yang cukup cantik. Selain dijadikan kembang hias tanaman satu ini bisa dijadikan obat untuk mengatasi beberapa masalah seperti obat luka, sariawan, mencegah infeksi, mengatasi kurap, panu dan kundis, meningkatkan hemoglobin dan masih banyak lagi.

Letak manfaatnya ada pada bagian getahnya yang berwarna bening kekuning-kuningan.

Nah itulah beberapa tanaman disekitar kita yang mempunyai khasiat dalam mengobat. Harap berhati-hati dalam menggunakanya dan jangan terlalu berlebihan.

healty99